ISNU Jombang Sesalkan Ujian Madrasah Aliyah Diduga Berisi Soal Khilafah

ISNU Jombang Sesalkan Ujian Madrasah Aliyah Diduga Berisi Soal Khilafah Ketua ISNU Jombang menunjukan lembar soal ujian Fiqih. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebuah foto soal ujian akhir semester ganjil Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Jombang yang beredar di media sosial, mendadak ramai diperbincangkan publik, Rabu (06/12/2017).

Sebab, daftar pertanyaan dan pilihan jawaban dalam lembar soal terbitan Kementerian Agama melalui Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) ini dinilai mengarah pada ajaran ormas Hizbut Tahrir Indonesa (HTI) yang sudah dibubarkan pemerintah.Ajaran HTI yang dikenal menolak Pancasila dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala lembar soal itu menunjukkan bahwa soal merupakan bagian dari ujian mata pelajaran Fiqih, diperuntukkan bagi kelas XII IPA/IPS, dan dilaksanakan mulai pukul 09.30 sampai 11.00 WIB pada Selasa, 05 Desember 2017.

Ketua Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Jombang, Abdul Hanan Majdy menyayangkan soal materi ujian madrasah Aliyah yang banyak memuat tentang Khilafah. Menurutnya, hal itu sama saja memberikan doktrin ideologi pada generasi muda. Padahal, kejadian ini sudah pernah terjadi sebelumnya di beberapa daerah di Indonesia seperti di Cilegon, Banten pada tanggal 03 Desember 2015 lalu.

“Kita sangat menyayangkan ini terjadi lagi. Materinya banyak memuat tentang . Kita heran mengapa tim penyusun kurikulum mengambil fiqih siyasah yang mengandung . Lebih baik fokus pada fiqih muamalah dan ibadah karena masih tingkat aliyah,” jelasnya, Rabu (06/12/2017).

Menurutnya, keanehan tak hanya ada pada materi seputar dan khalifah, melainkan pula pada cara memaparkan butir pertanyaan dengan tema serupa secara berturut-turut hingga memenuhi satu halaman soal. Hal ini, sebut Hanan sama saja dengan menanamkan sel tidur terkait di otak anak didik. Bahayanya bila diteruskan maka akan ada perpecahan NKRI

“Ini kalau diterus-teruskan bisa memicu perpecahan dalam tubuh NKRI. Karena sejak usia muda sudah disusupi ajaran ,” tambahnya.

Lihat juga video 'Khilafah Proyek Politik Inggris? Ini Alasan Hizbut Tahrir Bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO