Satgas Rapim TNI Peringati Hari Armada RI 2017 di Laut Banda

Satgas Rapim TNI Peringati Hari Armada RI 2017 di Laut Banda

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim (Danguskamlatim) Kolonel Laut (P) Agus Hariadi selaku Ketua Panitia Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2018 memimpin langsung apel pagi sekaligus memperingati Hari Armada RI ke-72 saat berlayar dengan KRI Makassar-590 di perairan Laut Banda, Selasa (05/12/2017).

Dalam amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan oleh Danguskamlatim, disampaikan bahwa dalam lingkup nasional kecenderungan keamanan masih diwarnai adanya isu politik terutama dikaitkan dengan tahun politik 2018 sampai dengan 2019, separatisme, gangguan keamanan lewat jalur laut serta kejahatan lintas negara (Trans-National Crimes) yang dapat mengancam Integritas kedaulatan NKRI dan menimbulkan kerugian negara maupun mengganggu stabilitas keamanan nasional.

"Berbagai permasalahan yang sedemikian kompleks bukanlah suatu hambatan, namun merupakan tantangan yang harus kita hadapi bersama guna mengamankan kepentingan Nasional. Oleh karena itu TNI AL sebagai komponen utama pertahanan negara di laut harus tetap membina dan mengembangkan kekuatan Armada RI untuk menjadi kekuatan yang kuat, handal dan profesional, sehingga dapat menjalankan setiap tugas guna menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," ujar Kasal dalam amanatnya.

"Melihat tantangan tugas TNI Angkatan Laut tersebut, pemerintah menyadari akan pentingnya kebutuhan Alutsista berteknologi modern dan memiliki daya tangkal yang tinggi di tengah keterbatasan anggaran. Pemerintah terus berupaya membangun kekuatan pertahanan maritim sebagai salah satu pilar poros maritim dunia guna mewujudkan stabilitas keamanan nasional maupun regional," tutupnya.

Turut hadir dalam peringatan Hari Armada tahun 2017 di antaranya, seluruh pendukung Rapim TNI dari Mabes TNI, Mabesal, serta Koarmatim. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO