Kapal Perang Koarmatim Dukung Kegiatan Rapim TNI

Kapal Perang Koarmatim Dukung Kegiatan Rapim TNI

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., didampingi Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksma TNI Roberth W. Tappangan, S.H melaksanakan peninjauan ke tiga kapal perang di bawah jajaran Koarmatim. Kegiatan ini digelar dalam rangka mendukung kegiatan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI tahun 2018, bertempat di Dermaga Semampir Koarmatim, Ujung Surabaya, Sabtu (02/12/2017).

Adapun tiga unsur yang ditinjau di antaranya KRI Makassar (MKS) – 590, KRI Multatuli (MLT) - 561 dan KRI Teluk Ende (TLE) - 517. Dalam kegiatan tersebut, Komandan Gugus Tugas Keamanan Laut Koarmatim (Danguskamlatim) Kolonel Laut (P) Agus Hariadi sebagai Ketua Panitia Rapim TNI menjelaskan kepada Pangarmatim tentang kesiapan Kapal Markas, yaitu KRI Makassar-591 dengan komandan kapal Letkol Laut (P) Dian T. Hutanto.

Selain itu, unsur Koarmatim lainnya yang bertugas mengawal kegiatan Rapim TNI 2018, di antaranya adalah KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Fatahillah-361. Sedangkan unsur udara sebagai sarana angkut yaitu 1 Boeing-737, C-130 Hercules, 1 CN-235 Patmar, 1 KA-350i, 1 Heli Bell, 1 Heli Panther, dan 1 Heli BO-105.

Dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan 171 peserta, pelayaran dimulai dari Ternate, Pulau Widi, Waisai Raja Ampat, serta Sorong.

Kegiatan Rapim TNI rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 08 s.d. 10 Desember 2017 yang diikuti seluruh petinggi TNI dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Peninjauan Pangarmatim beserta staf kali ini bertujuan meninjau sejauh mana kesiapan unsur-unsur secara menyeluruh, baik kekuatan material maupun personel agar dalam pelaksanaan mampu dan siap mendukung kegiatan Rapim TNI yang akan berlangsung di Ternate Kepulauan Maluku Utara.

Setelah melepas keberangkatan tiga unsur KRI bertolak menuju ke Wilayah Timur Indonesia, Pangarmatim melanjutkan peninjauan ke KRI Surabaya-591 dan KRI Banjarmasin-592 dengan melihat pemasangan tenda untuk acara Admiral Dinner yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Armada 2017. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO