Program Sepeda Gratis di Kota Blitar Terealisasi Bulan Depan

Program Sepeda Gratis di Kota Blitar Terealisasi Bulan Depan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Setelah sempat tertunda beberapa kali, pogram sepeda gratis Pemerintah Kota Blitar segera terealisasi. Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar mengatakan, rencananya program sepeda gratis itu akan diluncurkan pada 6 Desember nanti.

"6 Desember akan kita bagikan kepada seluruh siswa SMP di Kota Blitar," ungkap Samanhudi Anwar kepada wartawan, Jumat (24/11).

"Sekarang kita sedang menyiapkan lahan parkir, serta sarana prasarana pendukung lainnya. Termasuk jalur sepeda. Pembuatan lahan parkir itu menggunakan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017," jelas Samanhudi Anwar.

Samanhudi menjelaskan, nantinya masing-masing sekolah akan mengatur sendiri jadwal penggunaan sepeda gratis tersebut. Setiap siswa diwajibkan menggunakan fasilitas sepeda gratis sesuai jadwal yang telah ditetapkan sekolah.

Pemkot juga akan melakukan pengawasan terhadap para siswa SMP. Jika diketahui tidak menggunakan sepeda tanpa alasan yang kuat, maka melalui sekolah Pemkot akan memberikan sanksi. Mulai dari sanksi ringan hingga sanksi berat berupa dikeluarkan dari sekolah.

"Termasuk yang dari luar kota wajib menggunakan sepeda begitu masuk Kota Blitar. Nanti akan kami terjunkan petugas Satpol PP dan Dishub untuk melakukan pengawasan agar ketahuan siapa saja yang tidak menggunakan sepeda. Kecuali jika memang ada alasan yang kuat, misalnya sakit atau sedang hujan," paparnya.

Menurut pria berkumis itu, fasilitas sepeda gratis itu diluncurkan untuk mengajarkan budaya hidup sehat sejak dini kepada siswa siswi di Kota Blitar. Serta mengurangi pengeluaran orang tua siswa jika setiap hari harus mengantar jemput anaknya ke sekolah.

"Nantinya ke depan program sepeda ini juga akan mengurangi kemacetan di pusat Kota Blitar, karena kan saat ini kita juga sedang dalam proses memindahkan beberapa SMP di pinggiran kota, seperti SMP 3 yang dalam proses pindah ke Kelurahan Tanggung," ungkapnya.

Untuk diketahui, pengadaan sepeda gratis itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 11 miliar. Sepeda gratis itu akan diberikan ke siswa kelas 1 hingga kelas 3 SMP. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO