Ikut Gathering ke Malaysia, Kepala OPD Pemkab Gresik Diduga Pakai Dana Taktis

Ikut Gathering ke Malaysia, Kepala OPD Pemkab Gresik Diduga Pakai Dana Taktis Suasana temu kangen Pemkab dengan TKI Gresik di Malaysia. foto: istimewa

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Misteri dari mana sumber anggaran yang dipakai untuk menggelar gathering dan temu kangen TKI Bawean di Malaysia perlahan terbuka.

Sumber terpercaya Bangsaonline.com di lingkup menyatakan, bahwa tidak semua pejabat yang ikut ke Malayasia menggunakan dana pribadi.

"Kebanyakan Kepala OPD dan pejabat yang ikut lawatan Pak Bupati bukan menggunakan dana pribadi, tapi dana taktis (dana tak terduga) di pos OPD masing-masing," kata sumber tersebut kepada Bangsaonline.com, Senin (20/11/2017).

"Sopo seng raiso gawe (siapa yang tak bisa pakai, red) dana APBD untuk kunjungan. Makanya sejak awal saya tak yakin mereka (sejumlah Kepala OPD beserta stafnya) iuran untuk ikut ke Malaysia. Iuran 6 juta rupiah bagi pejabat dari dana pribadi itu besar. Uang apa lagi yang mereka pakai, dari sisa gaji mustahil, karena kebutuhan rumah tangga pejabat itu banyak. Apalagi kalau sudah ada tanggungan anak sekolah," paparnya.

Namun pernyataan ini langsung dibantah sejumlah pejabat yang ikut rombongan Bupati ke Malaysia.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) M. Nadlif misalnya, ia dengan tegas membantah kabar tersebut. "Tidak ada. Semua bayar sendiri-sendiri," singkat Nadlif kepada BANGSAONLINE.com melalui WhatsAppnya, Senin (20/11/2017).

Senada juga disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Abu Hasan. "Saya secara pribadi tidak menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD, murni uang yang kami gunakan adalah duwit pribadi umpul-umpul dari gaji," akuinya.

Jika kepala BKD dan BPBD membantah, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Mulyanto tak memberikan jawaban.

Saat dikonfirmasi Bangsaonline.com melalui selulernya, Mulyanto tak memberikan jawaban. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO