Pemkot Madiun Bakal Berikan Tablet Penambah Darah bagi Wanita Subur

Pemkot Madiun Bakal Berikan Tablet Penambah Darah bagi Wanita Subur Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2017, Pemkot Madiun menyosialisasikan pemberian tablet penambah darah bagi wanita subur.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) akan memberikan tablet zat besi atau penambah darah bagi wanita usia subur yakni 12-49 tahun. Tablet penambah darah itu diberikan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2017.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto mengatakan, pemberian tablet penambah darah tersebut juga seiring dengan program Kementerian Kesehatan yang akan memberikan tablet zat besi ke sekolah-sekolah untuk remaja putri pada tahun 2018.

Sesuai surat edaran yang ditekennya, setiap hari Selasa, wanita usia subur di Kota Madiun harus mengkonsumsi tablet penambah darah. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisiasi wanita muda mengalami anemia saat menstruasi. Apalagi, remaja putri yang anemia kemudian hamil, berpotensi akan melahirkan bayi dengan tubuh pendek atau berat badan lahir rendah (BBLR).

“Mereka itu kan usia-usia segitu lagi datang bulan, dikhawatirkan mereka tidak memahami, sehingga tidak memberikan asupan gizi yang cukup bagi tubuhnya, makanya kami minta mereka konsumsi tablet penambah darah,” ungkap Sugeng (17/11/2017).

Sementara itu, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes dalam press rilisnya menyatakan, saat ini lebih 30 persen remaja putri di Indonesia mengalami anemia. Kaum hawa ini tidak menyadari ketika menstruasi asupan dari sisi mineral dan vitamin kurang tercukupi. Karena itu, pemberian tablet penambah darah tersebut diklaim dapat membantu memperbaiki pembentukan darah pada tubuh. (hen/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO