​Bantu Pasien Tidak Mampu, RSUD dr Soetomo Akan Bangun Hostel

​Bantu Pasien Tidak Mampu, RSUD dr Soetomo Akan Bangun Hostel dr. Harsono, Dirut RSUD dr. Soetomo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit dr Soetomo akan membangun penginapan yang ditujukan bagi keluarga pasien, khususnya bagi masyarakat tak mampu. Dengan dilengkapi ruang tamu, ruang tidur dan kamar mandi dalam, hospital hotel (Hostel) akan direalisasikan pembangunannya pada 2018 mendatang.

Dirut RSUD dr Soetomo, Harsono mengungkapkan, hostel tersebut memiliki 407 kamar dengan tujuh lantai, dibangun di atas lahan seluas 2700 m2. Sekaligus dilengkapi dengan foodcord yang berada di lantai dasar. Adapun anggarannya ditanggung semuanya oleh pihak rumah sakit yang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Jika terjadi kekurangan tidak menutup kemungkinan akan pinjam ke Bank Jatim.

"Yang pasti semua anggaran sudah siap dan rencananya dibangun awal 2018 mendatang. Kalau itu benar-benar terealisasi, maka baru satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang memiliki fasilitas penginapan sekelas apartemen,’’tegas mantan Bupati Ngawi dua periode ini, Rabu (15/11).

Ditambahkannya, alasan pihaknya mendirikan hostel karena selama ini khususnya masyarakat tak mampu menunggu keluarganya yang harus operasi atau rawat inap hingga berhari-hari, mereka rela tidur di pelataran rumah sakit karena tidak ada uang untuk menyewa rumah. Padahal ini berbahaya, karena bisa mengundang penyakit bagi dirinya dan penyakit sosial.

"Untuk menghindari dampak negatif seperti itu, maka ada gagasan untuk membangun hostel. Selanjutnya agar mereka yang menginap dan dikhususkan bagi keluarga tidak mampu, nantinya saya akan menawarkannya ke sejumlah kepala daerah,’’tambahnya.

Dengan begitu para kepala daerah dapat berinvestasi disana, dengan memberikan kemudahan bagi keluarga pasien di wilayahnya yang akan berobat di rumah sakit dr Soetomo. Tentunya semua dana yang dibutuhkan untuk menginap di hostel ditanggung oleh pemerintah setempat. Dan ini masih menjadi ide rs dr Soetomo.

Sementara itu, Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hartoyo sangat mendukung penuh gagasan RSUD dr Soetomo yang akan membantu pasien dari keluarga tak mampu. Dengan adanya Hostel ini, maka keluarga pasien yang berasal di luar daerah di Jatim tidak lagi ada rasa khawatir saat menunggu keluarganya operasi atau dirawat di RSUD dr Soetomo.

"Memang selama ini banyak keluarga pasien, khususnya mereka yang tidak mampu menunggu adanya sebuah rumah singgah bagi mereka. Dengan begitu mereka tidak diberatkan saat keluarganya berobat di rumah sakit dr Soetomo. ,’lanjut politikus asal Partai Demokrat ini. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO