Gunungan Enam Meter dari Buah Belimbing jadi Rebutan Warga Kalitidu Bojonegoro

Gunungan Enam Meter dari Buah Belimbing jadi Rebutan Warga Kalitidu Bojonegoro Ribuan warga menghadiri Festival Belimbing ke-4 di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Gunungan setinggi 6 meter dengan berat 1,2 ton dari buah belimbing menjadi rebutan ratusan warga Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, . Rebutan blimbing itu dikemas dalam acara festival belimbing yang ke-4 Tahun 2017 oleh Pemdes setempat kerjasama dengan Pemkab , Sabtu (11/11).

Ada sebanyak empat gunungan yang terbuat dari buah belimbing produk lokal desa setempat. Empat gunungan diarak mulai dari pintu parkir 2 lokasi agrowisata Belimbing Desa Ngringinrejo, kemudian diarak menuju lokasi festival atau di rest area lokasi wisata.

Arak-arakan ini juga ada aneka macam palawija hasil pertanian warga setempat. Gunungan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan berupa hasil panenan sayur dan buah belimbing yang melimpah ruah.

Cipto, salah satu petani Belimbing Desa Ngringinrejo menyambut baik adanya festival belimbing ini. Kata dia, melalui festival ini belimbing di desanya bisa makin dikenal oleh orang luar daerah .

"Dalam satu tahun kami mampu memanen minimal 80 kilogram dengan harga kisaran Rp 7.000 sampai Rp 15.000 rupiah," jelasnya di tengah keramaian festival.

Dia mengaku semenjak menjadi petani Belimbing, pendapatannya terus meningkat tiap tahunnya. Selain itu, buah belimbing di desanya juga berkualitas.

"Sebenarnya ada pihak luar yang tertarik membeli belimbing Ngringinrejo, salah satunya Puspa Agrobisnis Sidoarjo dan Dunia Buah yang satu minggu meminta stok 4 ton buah belimbing. Namun karena pertimbangan kami untuk menjaga ketersediaan buah belimbing di pasar lokal sehingga kita tolak," bebernya.

Festival belimbing dihadiri Bupati Suyoto dan sejumlah pejabat lainnya. Selain itu jajaran direksi Pertamina juga tampak hadir.

Menurut Suyoto, buah belimbing dan jambu merah serta jambu kristal yang ditanam para petani saat ini menjadi buah andalan di pasar lokal, bahkan nasional. Sehingga, Kang Yoto, sapaan akrabnya meminta para petani terus berupaya meningkatkan hasil panen dan kualitas buah.

"Ngringinrejo sudah terkenal di mana-mana karena buah belimbingnya. Sehingga mari kita terus berbenah, belajar dan melampaui batas maksimal kita," ucapnya menambahkan. (nur/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO