Selasa, 26 Mei 2020 23:58

Gubernur Jatim Tunjuk Mantan Sekda Pamekasan Jadi Plt Sekda Batu

Rabu, 08 November 2017 23:00 WIB
Wartawan: Bahrul
Gubernur Jatim Tunjuk Mantan Sekda Pamekasan Jadi Plt Sekda Batu
Plt Walikota Batu Punjul Santoso saat ditemui di ruang dinasnya Balai Kota Among Tani (BAT), Rabu (8/11).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa timur Soekarwo akhirnya menunjuk Dr. Alwi M.Hum sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu untuk menggantikan Achmad Suparto yang meninggal dunia.

Sebelumnya rumor yang berkembang di kalangan DPRD Kota Batu yang akan mengantikan Achmad Suparto adalah Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo. Sementara isu yang beredar dari Pemkot Batu, nama Edy Murtono yang akan menjadi Plt Sekda Kota Batu.

Namun semua isu ditepis dengan munculnya nama Dr. Alwi M.Hum, Selasa (7/11) malam. Gubernur secara resmi menunjuk mantan Sekda Pamekasan Alwi sebagai Plt Sekda Kota Batu yang dituangkan dalam SK Gubernur Jatim Nomor 821.2/13047/204.4/2017, tentang Plt Sekretaris Daerah Kota Batu, tertanggal 7 November 2017.

Plt Walikota Batu Punjul Santoso saat ditemui di ruang dinasnya Balai Kota Among Tani (BAT), Rabu (8/11) membenarkan penganti Plt Sekda Achmad Suparto adalah H Dr Alwi M.Hum mantan Plt Sekda Pamekasan.

“Alhamdulillah penantian panjang per hari ini telah berakhir. Gubernur telah mengirim seorang Plt Sekda ke kota Batu. Mudah-mudahan harapan panjang sekarang ini bisa terobati, dan sekarang Kota Batu sudah ada Plt Sekdanya,” kata Punjul yang juga diamini Dr Alwi saat wawancara dengan para awak media lainnya.

Punjul menambahkan, pada hari pertama Plt Sekda yang baru itu akan langsung melakukukan koordinasi dan komunikasi untuk kepentingan Pemkot Batu terutama terkait Perubahan Anggaran Keuangan (PAK), KUA PPAS dan APBD tahun 2018.

“Mulai hari ini beliaunya saya panggil untuk melakukan koordinasi, komunikasi dengan para eksekutif dan legeslatif terkait PAK, KUA PPAS dan APBD 2018 dan lain-lain yang terkait kewenangan plt sekda,” paparnya. 

Saat dikonfirmasi terkait penggunaan anggaran, Punjul mengungkapkan hal itu tetap menjadi tanggung jawab Pemkot Batu pada masing-masing penggunaan anggaran. Tetapi soal regulasi dan tanda tangan pencairan keuangan terkait PAK itu kewenangan ada di Plt Sekda atau sekda difinitif.

“Bukan yang bertanggung jawab sekda, tetapi semua yang harus ikut yaitu Pemkot Batu bertanggung jawab soal penggunaan anggaran. Terutama walikota mempunyai tanggung jawab mutlat terkait anggaran,” tegasnya. 

Akan tetapi secara administrasi, lanjut Punjul, pengundangan setelah dilakukan evaluasi oleh Gubernur dan kemudian aturan dan yang diundangkan itu harus ditanda tangani oleh plt sekda atau sekda definitif.

“Mudah- mudahan dengan kehadiran Plt sekda yang baru ini proses pembahasan PAK, KUA PPAS dan APBD 2018 bisa tetap waktu dan sesuai harapan masyarakat kota Batu” tutup Punjul. (bt1/thu/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:22 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...