Jumat, 19 Juli 2019 22:25

Pasca Meninggalnya Pasien Usai Jalani Operasi Caesar, Dewan akan Tinjau RSUD Bangil

Jumat, 03 November 2017 21:51 WIB
Wartawan: Ahmad Habibi
Pasca Meninggalnya Pasien Usai Jalani Operasi Caesar, Dewan akan Tinjau RSUD Bangil

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Meninggalnya Nurul Aini (35), asal Desa Bengok Utara, Beji, Pasuruan, usai menjalani operasi caesar di RSUD Bangil, menjadi perhatian legislatif. Wakil rakyat ini pun merencanakan untuk melakukan peninjauan dan pengecekan pelayanan di RSUD Bangil.

Rencana sidak ke rumah sakit plat merah tersebut ditegaskan anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan, Kasiman. Politikus dari Gerindra ini menuturkan peninjauan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui seberapa baik pelayanan di RSUD Bangil.

“Rencana pemanggilan tak ada, kami rencana akan mendatangi rumah sakit,” jelas pria asal Pandaan ini.

Langkah tersebut didasari beberapa pertimbangan. Jika mendatangi pihak rumah sakit, tentunya hasilnya akan lebih maksimal. Sebab, pihaknya bisa mengetahui lebih jauh prosedur pelayanan kepada pasien yang dilakukan di rumah sakit plat merah itu.

"Kami bisa mempertanyakan lebih jauh, terkait kasus-kasus yang ditangani di RSUD Bangil. Tak hanya kasus yang menimpa pasien Nurul Aini, yang meninggal dunia, tetapi juga kasus-kasus emergency lainnya. Kami akan mempertanyakan penanganan terhadap pasien-pasien, terutama pada penanganan kasus yang bersifat emergency. Supaya, bisa jelas, apakah pelayanan yang diberikan sudah sesuai standar atau tidak,” bebernya.

Dalam waktu dekat ini, peninjauan ke RSUD Bangil itu akan dilakukan. Ia pun mengingatkan, agar pihak rumah sakit agar terus melakukan cek dan ricek dalam melakukan tindakan, agar sesuai SOP pelayanan.

Dalam kesempatan itu, ia meminta kepada pihak rumah sakit agar bertanggungjawab terhadap SDM-nya. “Masyrakat juga harus proaktif untuk menyampaikan dan konsultasi kepada dokter ataupun perawat supaya kejadian serupa tidak terulang,” tutupnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dugaan malapraktik muncul di RSUD Bangil. Dugaan itu muncul, seiring tewasnya salah satu pasien di rumah sakit setempat atas nama Nurul Aini (35) warga Dusun Bengok, Desa/Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

Ia menginggal tanggal 29 Oktober kemarin di RSUD Bangil. Meninggalnya, korban dipicu komplikasi yang dideritanya.

Bermula dari operasi caesar, yang dijalaninya 14 Agustus lalu. Korban kemudian menderita sakit kulit, pasca sebulan menjalani perawatan.

Korban kemudian dilarikan ke RSUD Bangil, oleh suaminya, M. Kobul. Oleh pihak rumah sakit, korban diperban layaknya mumi, imbas kulit melepuhnya tersebut. Selang seminggu, kemudian luka tersebut mengering.

Korban pun diizinkan pulang. Namun, tiga minggu kemudian, kondisinya ngedrop. Ia dilarikan ke RSUD Bangil kembali. Di situlah, ia divonis menderita sakit komplikasi, salah satunya sakit liver. Tak selang lama, ia meninggal dunia.

Hal ini sangat disayangkan pihak keluarga. Mereka menilai ada dugaan malapraktik oleh perawat RSUD Bangil. Sebab, korban diklaim tak memiliki riwayat sakit yang disebutkan oleh pihak dokter rumah sakit.

Pihak RSUD Bangil sendiri, melalui Wakil Direktur Pelayanan, Djundi Agustoro menduga, kalau korban mengalami steven jhonson syndrome. Ia ditengarai alergi terhadap obat-obatan sehingga mengalami komplikasi. Sejauh ini, pihak rumah sakit mengklaim, tak ada malapraktik. Namun, pihak rumah sakit akan melakukan penelusuran melalui rekam medik korban. (bib/par/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...