Sosialisasikan Gerakan Sadar Pemilu, KPUD Tuban Gelar Jalan Sehat Bersama Warga

Sosialisasikan Gerakan Sadar Pemilu, KPUD Tuban Gelar Jalan Sehat Bersama Warga Wabup Tuban saat memberangkatkan peserta jalan sehat

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umun Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban menggelar jalan sehat bersama masyarakat, Minggu (29/10). Jalan sehat ini digelar KPUD Tuban dalam rangka menyosialisasikan gerakan sadar pilkada.

Kasmoeri, Ketua KPUD Kabupaten Tuban, mengatakan kegiatan ini selain untuk menyehatkan badan, juga salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih sesuai Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017.

"Walaupun tidak melaksanakan Pilkada Bupati/Wakil Bupati, tetapi Kabupaten Tuban turut melaksanakan pesta demokrasi Pilkada di tingkat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa timur yang diselenggarakan serentak 2018," katanya.

Sakadar informasi Pilkada seretak 2018 kali ini diikuti sebanyak 171 daerah terdiri dari 17 provinsi, dan 39 kota, dan 115 kabupaten.

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, yang sekaligus didapuk memberangkatkan peserta. 

"Gerakan sadar pilkada ini sebagai tolok ukur berjalannya demokrasi di daerah. Demokrasi akan berjalan baik jika partisipasi masyarakat terhadap pilkada ini banyak diminati," jelas wabup.

Untuk itu, wabup meminta kepada KPUD agar menekankan sosialisasi terhadap para pemilih pemula. "Ini penting karena nanti yang akan mewarisi kehidupan kesadaran demokrasi dan politik ke depan. Ini harus diajak sejak awal untuk memberikan pemahaman tentang pemilu," pungkasnya.

Adapun rute jalan sehat ini diawali dari kantor KPUD Tuban melewati Jalan Pramuka, Jalan Sunan Kalijogo, Jalan Wahidin Sudiro Husodo, dan finish kembali ke tempat semula. Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Tuban, Kapolres, Komisioner KPU beserta pengurus, Paswaskab, perwakilan partai dan masyarakat. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO