DPRD Jatim Minta Angkutan Umum Konvesional Berbenah

DPRD Jatim Minta Angkutan Umum Konvesional Berbenah Anggota Komisi D DPRD Jatim Achmad Heri. Foto: DOK/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPRD Jawa Timur menilai langkah Pemprov yang melakukan peremajaan angkutan umum konvensional semestinya juga diiringi perbaikan sistem. Dengan begitu persaingan angkutan konvensional dan online bisa bersaing secara sehat. 

Anggota Komisi D DPRD Jatim Achmad Heri mengatakan, Pemprov harus hadir mengatur kedua jenis angkutan umum tersebut. Karena itu regulasinya harus diatur dan jangan sampai merugikan kedua belah pihak.

"Contoh kepada angkutan konvensional harus hadir juga pemerintah. Mulai dari peremajaan, sistem berbasis aplikasi dan paling penting mengubah jalur rute yang lebih fleksibel," ujar Heri, Selasa (17/10).

Dia beralasan, perubahan trayek itu demi memberikan kenyamanan kepada penumpang. Jangan sampai kemudian mereka berjalan ke tempat jauh dibawah terik panas matahari. Hal tersebut tidak memberikan solusi. Sebab, menurut anggota dewan asal Partai Nasdem itu, angkutan umum saat ini harus memenuhi konsep yang aman, nyaman dan mudah diakses.

"Harus ditata dan dikelola sesuai dengan tuntutan masyarakat modern. Termasuk masalah keamanan," beber mantan Wakil Sekretaris PWNU Jatim itu.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Jatim ini berharap, Pemprov juga harus memberikan segmentasi pasar berbeda antara angkutan umum konvensional dan online. Kalau tidak dilakukan, bisa mematikan salah satu pendapatan dari dua jenis angkutan umum tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO