Gus Ipul-Anas atau Risma-Djarot? Cagub-Cawagub PDIP Besok Dideklar Mega

Gus Ipul-Anas atau Risma-Djarot? Cagub-Cawagub PDIP Besok Dideklar Mega

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () Megawati Soekarnoputri bakal mengumumkan calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) Jawa Timur (Jatim) besok pagi sekitar 10.00 WIB di Jakarta.

Siapa cagub dan cawagub ? Sumber bangsaonline.com menyebutkan cagub-cawagub untuk Jatim yang akan diumumkan Megawati besok adalah pasangan Saifullah Yusuf ()-Abdullah Azwar Anas.

“90 persen Gus Ipul-Anas,” tutur sumber itu kepada bangsaonline.com. Sumber bangsaonline.com ini tidak satu orang, tapi beberapa tokoh, baik dari maupun pihak . Kini menjabat wakil gubernur Jatim sedang Anas menjabat bupati Banyuwangi.

Kabarnya, baik maupun Anas kini sudah di Jakarta. Mereka dikabarkan sedang persiapan mengikuti deklarasi cagub-cawagub yang akan diumumkan langsung Mega. Ini memang bagian dari tradisi politik . Dulu saat mengumumkan cagub-cawagub DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan para cagub lain seperti cagub Banten Rano Karno dan lainnya juga dilakukan di Jakarta. Tapi Ahok dan Rano Karno sama-sama kalah dalam pilkada.

Yang menarik, meski banyak pihak meyakini -Anas yang akan dideklarasikan , tapi muncul spekulasi politik lain. diyakini akan mengumumkan Tri Rismaharini (wali kota Surabaya) sebagai cagub dan Djarot Saiful Hidayat (mantan wagub DKI Jakarta) sebagai cawagub Jatim.

Memang Risma -panggilan Tri Rismaharini- dikabarkan menolak dicalonkan sebagai cagub. Tapi beberapa pihak meyakini sikap Risma itu sebagai manuver politik untuk mengais simpati publik. “Jika di publik dikesankan menolak maka akan muncul persepsi bahwa Risma tak ambisi jabatan. Itu bisa jadi bagian dari trik marketing politik,” kata sumber bangsaonline.com.

Apalagi Risma seusai didatangi Sekjen Hasto Kristyanto di rumah dinasnya tidak terang-terangan menolak dicalonkan sebagai cagub. Ia malah melotarkan teki-teki politk kepada wartawan. ”Tunggu tanggal mainnya,” kata Risma saat itu.

Memang besok saat mendeklarasikan cagub-cawagub Jatim Risma berada di Tokyo Jepang. Ia bakal menerima penghargaan berkaitan dengan kebijakan yang diterapkan pemerintah Kota Surabaya dalam membahagiakan warganya.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO