Ada Gua Lebar di Bawah Kota Sampang

Ada Gua Lebar di Bawah Kota Sampang Pemandangan dari atas gua. foto: Tari/BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Gua Lebar, sebuah ceruk yang cukup dalam, di bawah pemukiman. Tepatnya, di Jl Pahlawan V, Kelurahan Rong Tengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang.

Gua Lebar ini patut dimasukkan jadwal plesiran Anda. Lantaran bukan sekadar sebagai destinasi wisata gua, tapi juga di dataran di atas gua tertata taman dan konsep hutan di atas batu sehingga wisatawan dapat merasakan suasana sejuk dan nyaman.

Gua Lebar memiliki karakteristik gua berdinding tebing jenis batu kapur. Gua ini juga merupakan situs sejarah, karena di dalamnya terdapat petilasan Pangeran Trunojoyo.

Objek wisata Gua Lebar hanya berjarak 800 meter dari pusat kota, yang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit. Wisatawan bisa menempuh perjalanan ini menggunakan sepeda motor maupun mobil. Namun kebanyakan pengunjung mengendarai motor dikarenakan medan bebatuan dan cukup licin.

Lokasi dataran gua ini berada di ketinggian 500 m di atas permukaan laut. Dengan begitu memungkinkan wisatawan untuk melihat Kota Sampang secara utuh, dari posisi pandang sebelah barat, timur dan utara. Sebelah selatan memungkinkan melihat pemandangan Laut Selat Madura dengan dukungan menara pantau dari atas gua kawasan gua ini.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunset maupun sunrise di Gua Lebar ini. Karena berada di dataran tinggi, maka Kota Sampang dapat terlihat jelas, dan sangat eksotik ketika malam hari.

Saat wisatawan memasuki gua lebar, wisatawan akan disambut dengan patung Pak Sakera dengan kaos bergaris merah putih khas orang Madura. Jika wisatawan ingin memasuki Gua Lebar sudah disediakan anak tangga menuruni gua, jika wisatawan tertarik mereka bisa menyusuri gua lebih dalam lagi.

Anak tangga menuju Gua Lebar memiliki pemandangan yang berbeda-beda. Di sebelah kiri ada jalan masuk menuju bongkahan-bongkahan batu besar. Setelah melewati batu-batu tersebut, wisatawan akan menemukan area luas dengan langit-langit gua.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO