Selasa, 18 September 2018 23:23

Soal Revisi RPJMD 2016-2021, Bupati Sambari Diminta Realistis

Minggu, 08 Oktober 2017 16:31 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Soal Revisi RPJMD 2016-2021, Bupati Sambari Diminta Realistis
Sururi, S.Ag

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Revisi sejumlah pasal dalam perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkab Gresik tahun 2016-2021 disorot Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) setempat, Sururi, S.Ag.

Menurut Sururi, revisi yang dilakukan Pemkab merupakan akibat dari kecerobohan dalam memberikan janji politik kepada masyarakat. Ia mencontohkan target APBD Rp 7 triliun pada tahun 2021 yang ternyata tidak bisa direalisasikan.

"Makanya harus hati-hati. Sebab, yang dijanjikan ini publik. Mereka jelas akan menagih," cetus Sekretaris MUI Kecamatan Driyorejo ini kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (8/10/2017).

Sururi meminta agar Bupati maupun Wabup bisa menakar dan mengukur kemampuan aparaturnya sebelum memutuskan sebuah kebijakan penting. "Kan mereka saat ini sudah dua kali menjabat. Seharusnya bisa mengukur kemampuan. Ketika menentukan program dan target pendapatan atau APBD tahun harus mengaca tahun sebelumnya," cetusnya.

Sururi juga mengkritisi kebijakan Bupati dalam membangun proyek-proyek mercusuar seperti stadion Gelora Joko Samudro dan revitalisasi Alun-Alun. Menurutnya, manfaat proyek-proyek tersebut tak sebanding dengan anggaran yang digelontorkan.

"Lalu apa artinya membangun proyek monumental seperti stadion kalau tak ada anggaran yang memadai untuk mendukung prestasi atlet. Bisa dilihat, anggaran untuk KONI, PSSI, sangatlah kecil," lanjutnya.

Ia juga menyorot kebijakan Pemkab yang dinilai masih ada diskriminasi dalam anggaran pendidikan. "Seperti program seragam gratis yang dicanangkan pemerintah. Hanya siswa negeri yang diberi, sementara siswa swasta tidak. Padahal, orang tua mereka sama turut menyumbang pendapatan daerah baik pajak maupun retribusi. Gresik ini kota santri. Jangan ada diskriminasi dalam pendidikan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitda) Pemkab Gresik Tugas Husni Syarwanto menyatakan bahwa sejumlah RPJMD 2016-2021 akan direvisi karena imbas situasi ekonomi nasional yang berimbas ke daerah. (hud/rev)

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...