Sabtu, 18 Januari 2020 16:02

Operasi Sikat Semeru 2017, Polres Situbondo Berhasil Ungkap 18 Kasus

Kamis, 05 Oktober 2017 00:10 WIB
Wartawan: Mursidi
Operasi Sikat Semeru 2017, Polres Situbondo Berhasil Ungkap 18 Kasus
AKBP Sigit Dany Setiyono, saat menggelar press rilis hasil Oprasi Sikat Semeru 2017. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Selama pelaksanaan Operasi Sikat Semeru yang dimulai pada tanggal 18-28 September 2017, Polres Situbondo berhasil mengungkap delapan belas kasus dari berbagai jenis kejahatan. Dari delapan belas kasus itu, empat di antaranya merupakan target operasi, sementara empat belas lainnya merupakan target baru.

Target operasi yang berhasil diungkap Polres Situbondo terdiri dari curanmor, pencurian hewan, dan pencurian dengan pemberatan. Sementara target baru sebagian besar terdiri dari kasus peredaran dan penyalahgunaan obat terlarang, kasus penguasaan tanah, serta kasus penganiayaan.

"Ada 18 kasus yang berhasil diungkap dalam Operasi Sikat Semeru 2017. Empat kasus merupakan target oprasi dan empat belas kasus merupakan target baru,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono, kepada sejumlah wartawan, Rabu (4/10).

Selain mengungkap 18 kasus dan menetapkan 18 tersangka dalam pelaksanaan Operasi Sikat Semeru 2017, Polres Situbondo juga berhasil mengungkap kasus narkotika dan obat-obatan berbahaya serta minuman keras atau miras dengan jumlah tersangka sebanyak 11 orang.

"Tersangka untuk tindak pidana narkotika berjumlah 6 orang tersangka, sementara untuk Undang-undang Kesehatan berjumlah 5 orang tersangka," ujarnya merinci.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan selama Operasi Sikat Semeru berlangsung di antaranya, sabu-sabu seberat 9,15 gram, ganja seberat 20,56 gram, satu pohon ganja, 6.868 butir obat keras, kendaraan bermotor, sapi, miras dan barang bukti pendukung lainnya yang digunakan pelaku dalam melakukan kejahatan.

"Semuanya itu akan ditindaklanjuti dengan upaya penegakan hukum dan pencegahan melalui pembinaan kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda yang akan bekerjasama dengan tiga pilar," ujarnya.

Terkait dengan banyaknya kasus narkoba dan obat obatan terlarang yang berhasil diungkap Polres Situbondo, ia mengatakan bahwa semua itu tidak terlepas dari meningkatnya intensitas penegakan hukum di wilayahnya. Dengan ditangkapnya beberapa aktor tersebut, ia pun berharap peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang di Situbondo bisa ditekan.

"Tersangka yang ditengarai menjadi aktor-aktor utama sudah berhasil diringkus. Namun masih ada lagi, ya tentu kita berharap peredaran obat keras bisa kita tekan semaksimal mungkin karena ini merupakan pintu masuk menuju penggunaan narkoba," pungkasnya. (mur/had/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...