Minggu, 15 September 2019 21:56

Operasi Sikat Semeru 2017, Polres Situbondo Berhasil Ungkap 18 Kasus

Kamis, 05 Oktober 2017 00:10 WIB
Wartawan: Mursidi
Operasi Sikat Semeru 2017, Polres Situbondo Berhasil Ungkap 18 Kasus
AKBP Sigit Dany Setiyono, saat menggelar press rilis hasil Oprasi Sikat Semeru 2017. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Selama pelaksanaan Operasi Sikat Semeru yang dimulai pada tanggal 18-28 September 2017, Polres Situbondo berhasil mengungkap delapan belas kasus dari berbagai jenis kejahatan. Dari delapan belas kasus itu, empat di antaranya merupakan target operasi, sementara empat belas lainnya merupakan target baru.

Target operasi yang berhasil diungkap Polres Situbondo terdiri dari curanmor, pencurian hewan, dan pencurian dengan pemberatan. Sementara target baru sebagian besar terdiri dari kasus peredaran dan penyalahgunaan obat terlarang, kasus penguasaan tanah, serta kasus penganiayaan.

"Ada 18 kasus yang berhasil diungkap dalam Operasi Sikat Semeru 2017. Empat kasus merupakan target oprasi dan empat belas kasus merupakan target baru,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono, kepada sejumlah wartawan, Rabu (4/10).

Selain mengungkap 18 kasus dan menetapkan 18 tersangka dalam pelaksanaan Operasi Sikat Semeru 2017, Polres Situbondo juga berhasil mengungkap kasus narkotika dan obat-obatan berbahaya serta minuman keras atau miras dengan jumlah tersangka sebanyak 11 orang.

"Tersangka untuk tindak pidana narkotika berjumlah 6 orang tersangka, sementara untuk Undang-undang Kesehatan berjumlah 5 orang tersangka," ujarnya merinci.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan selama Operasi Sikat Semeru berlangsung di antaranya, sabu-sabu seberat 9,15 gram, ganja seberat 20,56 gram, satu pohon ganja, 6.868 butir obat keras, kendaraan bermotor, sapi, miras dan barang bukti pendukung lainnya yang digunakan pelaku dalam melakukan kejahatan.

"Semuanya itu akan ditindaklanjuti dengan upaya penegakan hukum dan pencegahan melalui pembinaan kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda yang akan bekerjasama dengan tiga pilar," ujarnya.

Terkait dengan banyaknya kasus narkoba dan obat obatan terlarang yang berhasil diungkap Polres Situbondo, ia mengatakan bahwa semua itu tidak terlepas dari meningkatnya intensitas penegakan hukum di wilayahnya. Dengan ditangkapnya beberapa aktor tersebut, ia pun berharap peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang di Situbondo bisa ditekan.

"Tersangka yang ditengarai menjadi aktor-aktor utama sudah berhasil diringkus. Namun masih ada lagi, ya tentu kita berharap peredaran obat keras bisa kita tekan semaksimal mungkin karena ini merupakan pintu masuk menuju penggunaan narkoba," pungkasnya. (mur/had/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...