32 Perahu Hias Meriahkan Rangkaian Hari Jadi Bojonegoro ke-340

32 Perahu Hias Meriahkan Rangkaian Hari Jadi Bojonegoro ke-340 Salah satu peserta festival perahu hias menampilkan mitologi 'Rahwana Gugur'.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 16 desa di wilayah bantaran Sungai Bengawan Solo mengikuti festival perahu hias dalam rangkaian Hari Jadi (HJB) ke-340. Ada 32 perahu hias dari 16 desa yang turut serta ditambah dari instansi dan komunitas sebanyak 7 perahu.

Puluhan peserta menampilkan aneka kesenian tradisional yang ada di . Mulai bentuk binatang mitologi jelmaan Prabu Angling Dharma yakni meliwis putih, naga, sapi dan aneka bentuk lainnya. Tak hanya itu, perahu hias ini juga menampilkan aneka potensi lokal Kabupaten serta kesenian lokal wayang thengul.

Sebelum perahu berlayar sekitar 1 kilometer, acara diawali dengan larung sesaji tumpeng robyong, tangkir plonthang, cuk bakal, beras kuning dan kepala kambing kendit yang kesemuanya berjumlah 7 macam.

"Juga ada pementasan tari nawu yang menggambarkan aktivitas penduduk di pinggiran Sungai Bengawan Solo saat beraktivitas mencari ikan," ungkap Kabag Humas Pemkab , Heru Sugiarto, Minggu sore (24/9).

Sementara itu Wakil Bupati , Setyo Hartono di sela mengikuti festival perahu hias menyampaikan tentang pentingnya bersinergi antara pemerintah dengan masyarakat untuk pembangunan di Kabupaten .

"Dengan festival ini juga dalam rangka memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar, khususnya bantaran Bengawan Solo. Jangan segan mengingatkan kepada oknum yang sengaja merusak lingkungan melalui penambangan pasir liar, bila perlu segera laporkan ke pihak berwajib," tandas Wabup.

Pantauan wartawan di lapangan, animo masyarakat sangat antusias menyaksikan pawai perahu hias baik dari titik pemberangkatan maupun rute yang dilewati di bantaran Sungai Bengawan Solo, yakni mulai Bendung Gerak Kecamatan Kalitidu dan finish di Taman Sungai Bengawan (TBS) Kota . (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO