Sabtu, 21 April 2018 16:26

BLP Kota Pasuruan Batalkan Hasil Tender Proyek RTH Rp11 M, Diduga Ada Intervensi dari Adik Wali Kota

Rabu, 20 September 2017 21:08 WIB
Wartawan: Supardi
BLP Kota Pasuruan Batalkan Hasil Tender Proyek RTH Rp11 M, Diduga Ada Intervensi dari Adik Wali Kota
Kepala BLP Kota Pasuruan Nyoman Suwasti keluar dari ruang pertemuan dengan dikawal ketat Petugas kepolisian.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Program Pemkot Pasuruan untuk mempercantik Taman Sekar Gadung pada 2017 Ini gagal. Pasalnya, Badan Layanan Pengadaan (BLP) mendadak membatalkan hasil lelang yang sudah diupload LPSE awal Agustus lalu. Berdasarkan informasi yang dihimpun, pembatalan ini lantaran BLP meragukan keabsahan dokumen pemenang lelang, yakni PT Permata Lansekap Nusantara (PLN).

Menurut penjelasan Nyoman Swasti Kepala BLP Kota Pasuruan, gagal lelang itu karena ada sanggahan dari pihak lain yang meragukan validitas dokumen pemenang lelang. Ia mengaku tidak ada intervensi dari mana pun dalam keputusan batal lelang tersebut.

"Pihak BLP melakukan uji faktual karena ada sanggahan yang meragukan keabsahan dokumen pemenang lelang. Pada masa mendatang, saya berjanji melakukan uji faktual terhadap semua lelang paket. Sebagai garansi, jabatan saya taruhannya. Kabotan itu Amanah," kata Nyoman Suwasti saat dikonfirmasi terkait hal ini.

Namun pernyataan Nyoman ini langsung dibantah Mohammad Yahya selaku Direktur Kuasa PT PLN. Menurut Yahya, alasan adanya sanggahan itu terkesan mengada-ada. Pasalnya sebelum pengumuman lelang pada Agustus lalu, BLP sudah mengundang 4 rekanan untuk evaluasi, klarifikasi dan pembuktian dokumen. Empat rekanan itu yakni PT Malang Arum Sejati, PT. Permata Lansekap Nusantara (PLN), PT Inti Arts Nusantara, dan PT Kharisma Bina Kontruksi (KBK).

"Dari pembuktian dokumen sebanyak 3 kali, BLP menerbitkan pengumuman PT. PLN ditetapkan sebagai pemenang tender. Tidak ada sanggahan," tegas Yahya.

Yahya bahkan menuding keputusan pembatalan pemenang lelang ini karena ada intervensi dari Edy Trisulo Yudo yang tak lain adalah Wali Kota Pasuruan, Setiyono. "Gagal lelang itu diduga kuat ada intervensi Edy Trisula, adik kandung Wali Kota Pasuruan. Dia menekan BLP membatalkan pemenang lelang proyek (RTH) Peningkatan Taman Sekar Gadung senilai Rp 11,8 M. Saya sempat meminta klarifikasi, namun jawaban dari pihak BLP sangat tidak relevan," tudingnya.

"Saya sebelumnya mendatangi Pokja mencari informasi. Ternyata Pokja 1 BLP menerima tekanan dari Edy Trisulo Yudo. Merasa dirugikan, saya akan menggugat ke PTUN dan LKPP," ujar Yahya.

Yahya lebih jauh menjelaskan, pembatalan terhadap PT PLN selaku pemenang lelang ini terpaksa dilakukan karena Edy Trisulo Yudo merasa malu karena pemenang tender bukan PT. Kharisma Bina Kontruksi (KBK).

Terkait hal ini, Edy Trisulo Yudo yang juga menjabat salah satu Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Perizinan belum dapat dikonfirmasi. Saat didatangi di kantor Dinas Perizinan, Edy tak ada di tempat. Begitu juga saat dihubungi via selulernya, terdengar nada tidak aktif.

Sementara pendamping PT PLN, Ornop Pusaka Lujeng Sudarto, mengatakan bahwa pembatalan hasil tender ini merupakan bentuk diskriminasi. "Sebab uji faktual yang diterapkan BLP pada proyek tersebut tidak dilakukan di keseluruhan pelelangan proyek. Kalau ada sanggahan, sejauh ini pihak BLP tidak bisa menyebutkan. Di KAK pun sanggahan nol, artinya tidak sanggahan dari rekanan peserta lelang," katanya.

"Tindakan diskriminatif tersebut akan saya laporkan. Evaluasi dan uji faktual seharusnya dilakukan pada semua pelelangan. Ini membuktikan bahwa BLP sengaja mencari celah untuk membatalkan pemenang lelang," tegas Lujeng Sudarto. (par/rev)

(M. Yahya memperlihatkan dokumen yang menunjukkan bahwa keputusan hasil lelang tidak ada sanggahan)

Kamis, 19 April 2018 18:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT perdana Kandidat Gubernur Jawa Timur telah dihelat 10 April 2018 lalu dan terus mengiangkan diksi dan intonasi kata “kemiskinan” selama saya mengikutinya dalam perjalanan. Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil E...
Senin, 19 Maret 2018 19:42 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .      Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraa...
Sabtu, 21 April 2018 12:32 WIB
Assalamualaikum Ustad, saya ingin bertanya. Bapak saya punya saudara laki-laki dan dia punya cucu perempuan, apakah boleh saya menikahinya. Mohon di jawab. Waalaikumsalam.(Muhammad Tesan, Netizen)Jawab:Status hubungan keluarga di atas adalah sudah ...
Jumat, 20 April 2018 23:01 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Ngawi dikenal mempunyai Alas Srigati atau Alas Ketonggo yang terletak 12 Km arah selatan dari kota. Menurut masyarakat Jawa, Alas Ketonggo merupakan salah satu wilayah angker atau ‘wingit’ di tanah Jawa.Ha...