Ratusan Pencaker Ikuti Job Fair Disnaker Kabupaten Blitar

Ratusan Pencaker Ikuti Job Fair Disnaker Kabupaten Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan pencari kerja mengikuti bursa kerja yang digelar dinas tenaga kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar di gedung serba guna Pemkab Blitar, Kamis (14/9). Bursa kerja ini digelar selama dua hari, yakni Kamis 15 September hingga Jumat 16 September. Disnaker menggandeng sebanyak 40 perusahaan baik dari Kabupaten Blitar maupun perusahaan dari daerah lain, dengan 1865 lowongan pekerjaan.

Pelaksana tugas (Plt) kepala Disnaker Kabupaten Blitar Miftahudin mengatakan, bursa kerja ini adalah untuk memangkas jumlah angka pengangguran di Kabupaten Blitar. Meski sejauh ini Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Blitar hanya 2,79 persen, yang artinya jumlah itu lebih rendah dibandingkan jumlah pengangguran rata-rata provinsi Jawa Timur yang mencapai 4,47 persen. Namun, Pemkab Blitar berupaya untuk terus menekan angka tersebut, karena setiap tahunnya jumlah lulusan siap kerja juga semakin bertambah.

"Melihat antusiasme pencari kerja, bisa dilihat masih banyak lulusan siap kerja yang belum mendapatkan pekerjaan, sehingga harus ada sebuah solusi agar lulusan siap kerja ini segera mendapatkan pekerjaan," jelas Miftahudin, Kamis (15/9).

Selama ini masih banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan, di sisi lain banyak pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan, namun tidak ada wadah yang mempertemukan mereka. "Untuk itu bursa kerja yang digelar ini adalah sebagai salah satu wadah mempertemukan perusahaan dan pencari kerja," imbuhnya.

Miftahudin berharap digelarnya bursa kerja akan memberikan keuntungan bagi semua pihak. Baik Pemkab Blitar, pencari kerja, maupun perusahaan. Di mana perusahaan bisa mencari calon karyawan lewat bursa kerja tersebut. Di lain sisi bursa kerja juga bisa menekan angka pengangguran di Kota Blitar.

"Untuk itu kami berharap para pencaru kerja benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari pekerjaan sesuai minat dan kemampuan mereka," imbuhnya.

Pemkab Blitar sendiri menargetkan bursa kerja kali ini bisa menyerap sebanyak-banyaknya pencari kerja. Utamanya para pencari kerja dari Kabupaten Blitar. Mengingat banyaknya lowongan pekerjaan yang tersedia. "Kami berharap dari 1865 loker itu bisa terisi semuanya," paparnya.

Berdasarkan pantauan wartawan, ratusan pencaker nampak antusias memadati masing-masing stand perusahaan. Irfan, salah satu pencaker asal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar salah satunya. Dengan adanya bursa kerja tersebut ia mengaku sangat terbantu untuk mencari pekerjaan sesuai dengan bidangnya pasca lulus sekolah.

"Setelah lulus sekolah pastinya kita ingin langsung kerja dan dengan adanya bursa kerja ini saya sangat terbantu karena saya bisa memilih sendiri perusahaan mana yang sedang membutuhkan karyawan tanpa harus datang jauh-jauh ke kantornya," kata Irfan. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO