Wisata Bangsring, Menyapa Ikan Hiu hingga Lihat Apartemen Terumbu Karang Bawah Laut

Wisata Bangsring, Menyapa Ikan Hiu hingga Lihat Apartemen Terumbu Karang Bawah Laut  Bermain dengan ikan hiu di perairan Pantai Bangsring Banyuwangi. (sportourism)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - "Geli. Geli yaaa," ucap Koko, saat dirinya menceburkan diri ke kolam dan mendekati anakan ikan hiu. "Dah siap? Ayo dipoto, cah," celetuknya, pada Sasmi - teman Koko satu rombongan dari Surabaya. Mulanya Koko takut juga saat masuk keramba.

"Anggota tubuh saya yang satu ini kalau digit, habislah hidup saya," ujarnya terkekeh sambil memegangi bagian khusus celana pendeknya. Tapi, begitulah. Anakan hiu itu sepertinya sudah jinak dan tidak garang lagi. "Berenang dengan ikan hiu, pengalaman tak terlupakan," tambahnya.

Teman lainnya, Doso - tak mau kalah. Dengan peralatan snorkling (selam), segera turun dari rumah apung. Byuuur. Kedua tangannya bergerak seperti baru belajar renang, menahan agar tidak tenggelam. Kedua kakinya juga bergerak dan menggerakkan sepatu katak di kakinya. Tapi, air keburu masuk mulutnya melalui peralatan selang untuk menyelam di laut.

"Byah, byah. Asin," terucap dari mulut Doso. Teman-temannya yang menyaksikan Doso menelan air laut, tertawa. Ada yang nyeletuk dan menggoda, "Ooooo, minum air laut itu asin ya?" Doso menjawab, "Lebih enak berenang di kolam. Di laut, airnya asin." Seorang pemandu yang menemani Doso dengan sabar menuntunnya ke tepi. Sambil mengajari pakai alat snorkling, agar tidak sampai ketelan air laut.

Para pengunjung rata-rata sangat menikmati suguhan wisata Pantai Bangsring Under Water ini. Lokasinya di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo yang berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota . Dengan peralatan selam yang ada, para pengunjung bebas memilih kegiatan apa yang disukai.

Misalnya, duduk-duduk saja di kursi sofa yang tersedia di tepi pantai, sewa perahu untuk keliling, berenang di permukaan (snorkling), bermain-main dengan ikan hiu, memberi makan ikan-ikan liar seperti ikan nemo yang lucu, menyelam dan menonton terumbu karang bawah laut yang indah, singgah ke pulau Tabuhan dan Menjangan di selat Bali, dll. ]

Kawasan wisata Bangsring Under Water dimenej oleh anak-anak muda anggota kelompok nelayan Bangsring Samudra Bakti. Mereka adalah para nelayan ikan hias yang dulunya mencari ikan ikan hias dengan memakai bom ikan. Dengan cara itu, terumbu karang yang berada di sekitar Pantai Bangsring menjadi rusak. 

(Terumbu karang yang indah di Bangsring. foto: sportourism)

Ini pula yang membuat jumlah ikan hiasan di kawasan ini susut, sehingga tangkapan para nelayan juga makin sedikit. Sampai akhirnya timbullah kesadaran untuk memperbaiki terumbu karang bawah laut yang menjadi tempat habitat ikan-ikan itu. Langkah yang dilakukan adalah membuat semacam apartemen ikan bawah laut dan transplantasi terumbu karang.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO