Senin, 19 November 2018 13:15

Pemkab Ponorogo Gelar Festival Nasional Reyog dan Peringatan Hari Jadi Kabupaten

Rabu, 13 September 2017 11:04 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Pemkab Ponorogo Gelar Festival Nasional Reyog dan Peringatan Hari Jadi Kabupaten
Malam pembukaan Festival Nasioonal Reyog Ponorogo berlangsung, di alun-alun Ponorogo, Selasa malam (12/9)

PONOROGO, BANGSAONLINE.com -Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar Festival Reyog Mini (FRM) XV dan Festival Nasional Reyog (FNR) Ponorogo XXIV Tahunn 2017. Malam pembukaan kedua acara tersebvut diadakan di panggung utama Alun-alun, Selasa malam (12/9/2017).

Kegiatan tahunan itu digelar menyemarakkan kedatangan bulan Suro atau Muharram, sekaligus dalam rangka hari jadi Kabupaten Ponorogo yang rangkaiannya dimulai bulan Agustus hingga September. Pesertanya datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Lebih dari 40 kelompok seni Tari Reyog beradu keterampilan dengan belasan seniman Reyog dari berbagai pelosok tanah air. Dengan adanya aktivitas ini, selain untuk bersilaturahmi, mereka juga diharapkan bisa saling bertukar ilmu dan pengalaman.

Penampilan Tari Reog dibawakan bergantian sesuai urutan acak selama lima hari. Penilaian setiap penampilan pesertanya didasarkan pada keterampilan menari Reyog, kekompakan, serta koreografi yang menarik. Festival ini menjadi lebih meriah sejak para pesertanya bersaing untuk memperebutkan Piala bergilir dari Presiden.

Dalam sambutanya, Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni mengatakan, kegiatan ini untuk menjaga budaya dan menguri-uri budaya kita agar tidak luntur bahkan hilang, serta menjaga kebudayaan Reyog di Ponorogo yg sudah berjalan ratusan tahun yang lalu.

Selain Reyog, Kabupaten Ponorogo juga terkenal dengan tempat-tempat wisata yang sangat bagus seperti Telaga Ngebel, air terjun dan bahkan juga ada desa-desa wisata, sehingga dengan budaya dan tempat wisata tersebut diharapkan dapat menambah jumlah wisatawan asing yg datang ke Kabupaten Ponorogo .

Lebih dari itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Ponorogo. “Dirgahayu Kabupaten Ponorogo semoga Kabupaten Ponorogo lebih Maju, berbudaya dan religius, Dirgahayu masyarakat Ponorogo semoga tetap diberikan kesejahteraan,” pungkas bupati. .

Selain bupati, tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanud Iswahyudi Kolonel Pnb Samsul Rizal, SIP. MTr (Han), Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Bakorwil Madiun Drs. Supriyanto, SH, Wabup Dr. Drs. Soedjarno, MM, Ketua dan Anggota DPRD Kab. Ponorogo.

Selanjutnya, Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE, Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi, SIK.MH, Kajari Ponorogo Bpk. Suwandi, SH.M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Ponorogo Ibu DR. Henny Trimira Handayani, SH. MH, Bupati/Wakil Bupati se-Karisidenan Madiun undangan, Sekda dan OPD Kab. Ponorogo, Kasdim 0802/Ponorogo Mayor Inf Muhammad Yusuf, Forpimka Kab Ponorogo undangan, Toga, Tomas, Toda dan masyarakat undangan. (*/dur)

Sumber: *Penrem 081
Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Senin, 19 November 2018 11:17 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...