Pemkab Ponorogo Gelar Festival Nasional Reyog dan Peringatan Hari Jadi Kabupaten

Pemkab Ponorogo Gelar Festival Nasional Reyog dan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malam pembukaan Festival Nasioonal Reyog Ponorogo berlangsung, di alun-alun Ponorogo, Selasa malam (12/9)

PONOROGO, BANGSAONLINE.com -Pemerintah Kabupaten menggelar Festival Reyog Mini (FRM) XV dan Festival Nasional Reyog (FNR) XXIV Tahunn 2017. Malam pembukaan kedua acara tersebvut diadakan di panggung utama Alun-alun, Selasa malam (12/9/2017).

Kegiatan tahunan itu digelar menyemarakkan kedatangan bulan Suro atau Muharram, sekaligus dalam rangka hari jadi Kabupaten yang rangkaiannya dimulai bulan Agustus hingga September. Pesertanya datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Lebih dari 40 kelompok seni Tari Reyog beradu keterampilan dengan belasan seniman Reyog dari berbagai pelosok tanah air. Dengan adanya aktivitas ini, selain untuk bersilaturahmi, mereka juga diharapkan bisa saling bertukar ilmu dan pengalaman.

Penampilan Tari Reog dibawakan bergantian sesuai urutan acak selama lima hari. Penilaian setiap penampilan pesertanya didasarkan pada keterampilan menari Reyog, kekompakan, serta koreografi yang menarik. Festival ini menjadi lebih meriah sejak para pesertanya bersaing untuk memperebutkan Piala bergilir dari Presiden.

Dalam sambutanya, Bupati Drs. H. Ipong Muchlissoni mengatakan, kegiatan ini untuk menjaga budaya dan menguri-uri budaya kita agar tidak luntur bahkan hilang, serta menjaga kebudayaan Reyog di yg sudah berjalan ratusan tahun yang lalu.

Selain Reyog, Kabupaten juga terkenal dengan tempat-tempat wisata yang sangat bagus seperti Telaga Ngebel, air terjun dan bahkan juga ada desa-desa wisata, sehingga dengan budaya dan tempat wisata tersebut diharapkan dapat menambah jumlah wisatawan asing yg datang ke Kabupaten .

Lebih dari itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten . “Dirgahayu Kabupaten semoga Kabupaten lebih Maju, berbudaya dan religius, Dirgahayu masyarakat semoga tetap diberikan kesejahteraan,” pungkas bupati. .

Selain bupati, tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanud Iswahyudi Kolonel Pnb Samsul Rizal, SIP. MTr (Han), Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Bakorwil Madiun Drs. Supriyanto, SH, Wabup Dr. Drs. Soedjarno, MM, Ketua dan Anggota DPRD Kab. .

Selanjutnya, Dandim 0802/ Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE, Kapolres AKBP Suryo Sudarmadi, SIK.MH, Kajari Bpk. Suwandi, SH.M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Ibu DR. Henny Trimira Handayani, SH. MH, Bupati/Wakil Bupati se-Karisidenan Madiun undangan, Sekda dan OPD Kab. , Kasdim 0802/ Mayor Inf Muhammad Yusuf, Forpimka Kab undangan, Toga, Tomas, Toda dan masyarakat undangan. (*/dur)

Sumber: *Penrem 081

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO