Koarmatim Adakan Lomba MTQ, MHQ dan Banjari Tingkat Perguruan Tinggi se-Jatim

Koarmatim Adakan Lomba MTQ, MHQ dan Banjari Tingkat Perguruan Tinggi se-Jatim Para juara lomba.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 tahun 2017, Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., secara resmi membuka lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) dan Banjari tingkat Perguruan Tinggi se-Jawa Timur di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (14/08/2017)

Lomba ini bertema ”Bersama kita wujudkan insan yang cinta sholawat”. Untuk MTQ dan MHQ diikuti sebanyak 96 peserta dan lomba Banjari diikuti 8 group dari berbagai Perguruan Tinggi se-Jawa Timur. Kompetisi ini terbagi dalam beberapa kategori, di antaranya MTQ Putra 15 peserta, MTQ Putri 19 peserta, MHQ 5 JUZ 27 peserta, MHQ 10 JUZ yang diikuti 35 peserta dilaksanakan di Masjid Al-Mahdi Koarmatim, sedangkan lomba Seni Religi Al-Banjari dilaksanakan di gedung PTA Koarmatim.

Dalam lomba tersebut, tim dewan juri berjumlah 9 orang dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jawa Timur dengan koordinator Dr. H. Zainudin, M.Ag., Selaku Ketua Pelaksana penyelenggara dalam kegiatan ini adalah Komandan Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa.

Pangarmatim dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasarmatim mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ, MHQ dan Banjari tingkat Perguruan Tinggi se-Jawa Timur ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’an serta mencintai seni budaya Islami.

“Sebagaimana kita imani bersama, kitab suci Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, serta merupakan wahyu Illahi untuk menjadi petunjuk, pedoman, tuntutan dan pegangan bagi umat manusia, agar memperoleh kebahagiaan,baik didunia maupun di akhirat,” ujar Pangarmatim.

"Melalui lomba MTQ ini dengan lantunan Al-Qur’an yang indah, kalimat yang jelas dan terang, gaya bahasa yang mengagumkan serta hafalan yang kuat menjadikan kitab suci Al-Qur’an sumber inspirasi yang tidak pernah kering, semakin kita dalami Al-Qur’an semakin kita yakin akan kebenaran firman Allah SWT dan semakin kita baca dengan lantunan yang indah, semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan isinya."

Sumber: *Dispen Armatim

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO