Sabtu, 04 Juli 2020 12:10

Buka Rakernas Apeksi XII di Kota Malang, Mendagri Resmikan Glintung Go Green

Rabu, 19 Juli 2017 22:32 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Iwan Irawan
Buka Rakernas Apeksi XII di Kota Malang, Mendagri Resmikan Glintung Go Green
Mendagri, Tjahjo Kumolo menabuh gong tanda dimulainya Rakrenas Apeksi XII yang diadakan di Kota Malang, Rabu (19/7).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Dalam Negri RI (Mendagri), Tjahjo Kumolo RI membuka rapat kerja nasional (rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XII di Hotel Savana Kota Malang, Rabu (19/07). Dalam kesempatan itu Mendagri juga meresmikan Glintung Go Green yang berada di RW 23, Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing dengan menandatangani sebuah prasasti.

Dalam sambutan pembukaan Rakernas, Tjahjo Kumolo mengatakan, tugas seorang wali kota dalam pemerintah daerah, tidaklah mudah. Banyak aspek yang harus dikerjakan dengan tujuan utama adalah percepatan pembangunan.

"Imajinasi seorang Kepala Daerah (Wali Kota) mesti mampu melahirkan konsepsi serta memiliki keberanian dalam mengeksekusi percepatan peningkatan pembangunan. Struktur pemerintahan tidak hanya terdiri dari gubernur, wali kota atau bupati saja, ada juga unsur TNI, Polri, dan DPRD oleh karenanya, dalam menjalankan pembangunan mesti dilibatkan," jelas Tjahjo Kumolo di hadapan Gubernur dan Wali Kota yang hadir.

Sementara itu, Ketua Apeksi Airin Rachmi mengatakan, bahwa dalam Rakernas kali ini ada dua topik besar yang akan dibahas, yakni manajemen pembangunan ekonomi dan kerjasama antara pemerintah daerah dengan swasta. "Termasuk di dalam Rakernas Apeksi ini kita akan bahas bagaimana aspek hukum penyelenggaraan pemerintahan daerah," kata Airin.

"Sebab, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, wali kota dan organisasi perangkat daerah sangat khawatir akan kesalahan administrasi yang berujung pada kasus hukum," tambah Wali Kota Tangerang Selatan ini.

Sedangkan Wali Kota Malang HM. Anton, selaku tuan rumah dalam sambutannya berharap Apeksi bisa menjadi sarana penguatan jejaring antar pemerintah daerah, khususnya pemerintah kota.

"Apeksi harus bisa menjadi penguatan dalam rangka menopang dan memperkokoh nilai-nilai kemajuan percepatan pembangunan nasional lewat daerah. Selain itu juga untuk meningkatkan sinergitas kebijakan pemerintah pusat dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah," ujar Anton.

"Contoh nyata yang bisa diambil manfaatnya oleh daerah lain dari peserta Apeksi di Kota Malang adalah tumbuhnya kampung-kampung tematik seperti kampung Tridi, Kampung Warna warni, kampung Putih, Kampung Seribu Topeng, kampung Konservasi Air dan kampung Gintung Go Green," pungkas Anton. (iwa/thu/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...