Desa Sambogunung Raih Juara I di Lomba PHBS Tingkat Nasional

Desa Sambogunung Raih Juara I di Lomba PHBS Tingkat Nasional Bupati Sambari HR dan Sekda Djoko Sulistio Hadi bersama istri masing-masing saat menerima penghargaan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Desa Sambogunung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik meraih penghargaan juara I tingkat nasional dalam ajang lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan predikat tertinggi yaitu Prakarti Utama I, dalam kategori rumah tangga.

Penghargaan dan trofi juara diserahterimakan oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Maria Ulfa Sambari saat puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017 di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Kota Bandarlampung, Sabtu (15/7/2017). Acara tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Desa berpenduduk 3.482 jiwa ini dinilai layak meraih prestasi tersebut karena masyarakatnya yang telah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Bahkan perilaku hidup bersih ini sudah diterapkan sejak dulu, terbukti dengan diraihnya juara lomba desa sehat tingkat Kabupaten Gresik pada tahun 1976 lalu.

Maria Ulfa Sambari mengapresiasi capaian yang diraih oleh kader TP PKK Desa Sambogunung. Menurutnya, capaian ini merupakan buah dari kerja keras semua masyarakat Sambogunung dan sekitarnya.

"Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran terkait. Seluruh masyarakat yang yang telah membantu, sehingga Desa sambugunung Dukun ini bisa meraih puncak prestasi tertinggi juara I Lomba PHBS tingkat nasional. Semoga prestasi ini bisa memotivasi kepada desa lain untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Sehingga semua desa bisa menjadi juara seperti Desa Sambogunung," harapnya.

"Ke depan, kami akan selalu berkolaborasi dengan Pemkab Gresik, terutama dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar manfaat 10 Program Pokok PKK dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat luas," terang istri Bupati Gresik ini.

Sementara Bupati Sambari yang ikut mendampingi istrinya juga menyatakan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik yang telah banyak membantu, sehingga Kota Pudak sukses meraih prestasi tingkat nasional.

"Khusus kepada warga Sambogunung, kami sangat-sangat berterimakasih karena selama ini telah bertekad mempertahankan budaya hidup bersih dan sehat yang sudah mentradisi sejak generasi sebelumnya. Semoga mental PHBS bisa menjadi virus yang dapat menular ke semua desa sehingga perilaku hidup bersih dan sehat bisa menjadi budaya seluruh masyarakat," katanya.

"Prestasi juara itu juga penting, tapi yang lebih penting adalah implementasi dari juara tersebut kepada kehidupan masyarakat luas," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO