Tradisi Barong Ider Bumi, Budaya Lebaran Khas Adat Osing di Banyuwangi yang Masih Dipertahankan

Tradisi Barong Ider Bumi, Budaya Lebaran Khas Adat Osing di Banyuwangi yang Masih Dipertahankan Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Anas berbaur bersama masyarakat dan wisatawan menyantap pecel phitik suguhan selamatan kampong Osing.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kampong Osing yang berada di Desa Kemiren Banyuwangi memiliki sebuah tradisi yang sangat unik setiap usai Lebaran, yakni Barong Ider Bumi. Tradisi ini merupakan adat masyarakat kampung Osing untuk menjauhkan desanya dari mara bahaya atau pageblug (wabah penyakit).

Ritual tradisi adat ini dilakasanakan rutin oleh masyarakat osing setiap 2 syawal, seperti yang digelar Senin (26/6) kemarin. Tradisi adat ini diawali ritual sembur othik-othik, yakni ritual melempar (menyembur) uang receh yang dicampur beras kuning dan bunga. Ritual ini melambangkan warga yang membuang (melempar) sial dari Desa Kemiren.

Usai ritual sembur othik-othik, seluruh warga kemudian mengarak tiga Barong Osing yang diawali dari pusaran (gerbang masuk) desa ke arah barat menuju tempat mangku barong sejauh dua kilometer. Selain warga, para sesepuh juga ikut berjalan mengarak barong-barong tersebut sambil melafalkan doa-doa untuk keselamatan seluruh warga. Setelah diarak sejauh dua kilometer, para Barong digiring kembali ke pusarannya yang langsung diakhiri dengan kenduri massal oleh warga di sepanjang jalan desa.

Tradisi Barong Ider Bumi kali ini dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (26/6). Tidak hanya membuka, Menpar dan Bupati juga ikut mengarak barong. Saat mengarak Barong, menpar menunggangi kereta kencana, sedangkan Bupati Anas menunggangi kuda kencak.

Bahkan Menpar dan Bupati juga mengikuti kenduri massal yang menyuguhkan menu makanan pecel phitik khas Desa Kemiren. Keduanya berbaur bersama masyarakat desa juga wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengikuti prosesi Barong Ider Bumi Tahun ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO