Kebakaran Gudang Batu Bara di Manyar Gresik Gegerkan Warga

Kebakaran Gudang Batu Bara di Manyar Gresik Gegerkan Warga Asap pekat membumbung tinggi dari kebakaran gudang batu bara. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kebakaran hebat terjadi di gudang batubara di Jalan Raya Sukomulyo Kecamatan Manyar, Sabtu (27/5/2017) siang. Gudang yang terbakar itu berada di pabrik Mie Sedap milik PT. KAS (Karunia Alam Segar).

Tak pelak, peristiwa ini mengagetkan ribuan buruh perusahaan tersebut. Terlebih para pengguna jalan yang lewat jalan padat tersebut. Pengguna jalan yang menggunakan mobil tak berani melintas dekat lokasi kebakaran karena takut terkena sambaran api.

Meski demikian, banyak pengguna jalan yang tak menyia-nyiakan momen tersebut untuk menonton. Mereka menepikan kendaraan di tepi jalan kemudian ikut berjubel melihat kobaran api.

Ulah pengguna jalan tersebut mengakibatkan arus lalu lintas di jalan cukup lebar tersebut jadi merambat. Kondisi kemacetan kian parah oleh para pengguna jalan yang memperlambat laju kendaraan.

"Lihat tontotan gratis dulu mas," kata Nurul Huda, salah satu pengguna jalan.

Namun, petugas Polsek Manyar dibantu Polres Gresik yang tiba di TKP (Tempat Kejadian Perkara) kemudian sigap menyeterilkan sekitar lokasi kebakaran agar tidak dijubeli warga. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan tim PMK (Pemadam Kebakaran) baik dari Pemkab Gresik maupun perusahaan sekitar yang berjibaku memadamkan kobaran api.

Hampir sekitar 3 jam tim PMK bergulat dengan si jago merah. Kerja keras akhirnya membuahkan hasil. Dan kobaran api berhasil dijinakkan.

Dugaan sementara kebakaran yang meluluhlantakkan gudang batu bara diakibatkan terjadinya percikan api dari batu bara akibat panas tinggi. Kemudian percikan api itu menyambar roll karet di dalam gudang. Api kemudian membesar dan membakar seisi gudang.

Kini kasus tersebut tengah diselidiki Polsek Manyar. "Gudang yang terbakar merupakan tempat penyimpanan batu bara. Kami tengah menyelidiki penyebab kebakaran," kata Wakapolsek Manyar Iptu Didik. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO