Dinilai Cemari Lingkungan, Perusahaan Pengolah Pasir di Jenu Didemo Warga

Dinilai Cemari Lingkungan, Perusahaan Pengolah Pasir di Jenu Didemo Warga Warga saat demo. foto: GUNAWAN WIHANDONO/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pabrik pengolahan pasir kuarsa milik CV. Bara Niaga Sejahtera yang berlokasi di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban didemo warga setempat, Jumat (26/5).

Warga demo karena CV. Bara Niaga Sejahtera diduga membuang limbah pengolahan pasir ke sungai. sehingga membuatnya tercemar. Padahal, selama ini warga memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari-hari. 

"Warga resah dengan kondisi sungai yang tercemar, airnya menjadi keruh dan kotor. Selama ini warga memanfaatkan air sungai untuk mandi, mencuci, minum ternak, dan kebutuhan lainnya," kata salah satu pengunjuk rasa Rusdi kepada BANGSAONLINE.com.

Lebih lanjut, Rusdi mengungkapkan bahwa pabrik pasir tersebut sejatinya sudah diminta menghentikan aktivitasnya untuk sementara waktu oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban karena mencemari lingkungan. "Tapi mereka mengabaikan rekomendasi dari DLH," cetusnya.

Untuk meredam emosi warga, akhirnya digelar mediasi antara warga dengan perwakilan perusahaan yang dipimpin Kapolsek Jenu AKP Yani Susilo. "Setelah dilakukan mediasi, pengolahan pasir ditutup sementara sampai dilakukannya mediasi lanjutan, agar tidak terjadi gejolak antara warga dengan pekerja," jelas Yani.(gun/ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO