Pangarmatim Hadiri Seminar Nasional Penerbangan TNI AL Tahun 2017

Pangarmatim Hadiri Seminar Nasional Penerbangan TNI AL Tahun 2017

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menghadiri Seminar Nasional Penerbangan TNI AL Tahun 2017 dengan tema “Peran Penerbangan TNI Angkatan Laut Sebagai Ujung Tombak Dalam Melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”. Seminar ini bertempat di Wisma Perwira (Wispa) Lanudal Juanda, Surabaya, Jum’at (26/05/2017).

Seminar dalam rangka HUT ke-61 Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang komprehensif dalam mewujudkan standarisasi kekuatan dan kemampuan penerbangan TNI AL yang handal sesuai fungsi asasi dan tugas khusus dalam merespon penanggulangan bencana alam dan tepat sasaran sebagai wujud kerja nyata kepada rakyat Indonesia.

Acara seminar diawali Key Note Speaker Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. yang disampaikan oleh Asops Kasal Laksda TNI I.G.N. Ari Atmaja. Ia memaparkan tentang pengembangan sistem pembinaan penerbangan TNI Angkatan Laut yang terintegrasi guna membangun kekuatan dan kemampuan penerbangan dalam melaksanakan tugas khusus penanggulangan bencana alam.

"Pembangunan kekuatan dan kemampuan pesawat udara tidak hanya handal dalam melaksanakan tugas operasi militer perang, namun juga dapat berkontribusi dalam melaksanakan operasi militer selain perang, baik di dalam maupun di luar negeri dan tugas khusus. Tugas khusus yang diemban di antaranya, melaksanakan tugas tertentu dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas pemerintahan yang meliputi bakti sosial, pencarian dan penyelamatan (Search and Rescue/SAR) dan bantuan kemanusiaan dalam penanggulangan bencana alam (Humanitarian Assistance Disaster Relief/HADR)," terangnya.

Dalam seminar tersebut juga menghadirkan narasumber dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Bapak Sutopo Purwo Nugroho, M.Sc., Ph.D., dengan materi “Pengembangan sistem pembinaan penerbangan TNI AL yang terintegrasi guna membangun kekuatan dan kemampuan penerbangan dalam melaksanakan OMSP”.

Kemudian, dilanjutkan dengan narasumber dari Deputi Bidang Potensi SAR Nasional Marsda TNI Dody Trisunu dengan materi “Kesadaran fungsi penerbangan untuk mendukung tugas khusus SAR akibat bencana alam dan kecelakaan alat transportasi”, serta Nara Sumber Bapak DR. Ir. Djoko Sardjadi dengan materi ”Peran kedirgantaraan TNI AL operasi militer selain perang”.

Di akhir acara, Pangarmatim menyerahkan cinderamata kepada moderator dan seluruh narasumber. Rangkaian acara seminar nasional dihadiri oleh Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito S.E., M.M., Dankodiklatal Laksda TNI I. G Putu Wijamahaadi S.H., Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Lukman S.T,M.Si (Han), Kadispsial Laksma TNI Drs. Mithra, Mcom., .Psikolog, Karumkital dr. Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra DI,, Sp.B., Sp. BTKV (K), GM Angkasa Pura 1 Kolonel Laut (P) Yuwono, Kakansar Surabaya Pembina (IV/a) Mochammad Arifin, S.A.N Danlanud Surabaya Kolonel Pnb Rudy Iskandar, Danpuspenerbal Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir, Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana dan Kafasharkan Pesud Kolonel Laut (E) Muhammad Rohman serta dihadiri 250 perwira jajaran Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO