Bupati Pacitan Ancam Beri Sanksi Tegas Pedagang Nakal

Bupati Pacitan Ancam Beri Sanksi Tegas Pedagang Nakal Bupati Pacitan, H. Indartato, saat sidak pasar.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Tak mau kecolongan adanya dugaan pedagang nakal yang melakukan penimbunan sembilan bahan pokok (sembako), Bupati Indartato bersama beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, melakukan sidak di beberapa pasar tradisional yang ada di .

Inspeksi mendadak kali ini dilakukan dalam rangka memeriksa harga beberapa bahan pokok jelang bulan suci Ramadhan. Pada kesempatan tersebut, hampir semua Kepala OPD terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, serta Dinas Kesehatan, turut serta mendampingi orang nomor satu di Pemkab tersebut.

Meski tidak ditemukan adanya indikasi pedagang yang menaikkan harga secara signifikan, namun Indartato memberikan pernyataan kalau pemkab akan menindak tegas pedagang yang menaikkan harga melebihi batas.

"‎Harga bahan pokok masih stabil, mulai daging, cabe, bawang masih di batas normal. Kalaupun naik ya masih dalam harga yang wajar. Saya meminta kepada seluruh OPD terkait untuk selalu mengontrol harga, agar masyarakat tenang dan tidak dirugikan," kata Indartato, disela-sela sidak, Rabu ( 24/05).

Sampai dengan saat ini harga-harga bahan pokok masih dalam kondisi stabil. Seperti harga daging sapi berkisar di Rp 120 ribu per kilogramnya (kg), bawang merah dan bawang putih rata-rata mencapai Rp 38 ribu, dan cabe merah Rp 52 ribu.‎

Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang jika mendengar kabar naiknya harga bahan makanan. "Masyarakat kami harap tidak berlebihan dalam menghadapi bulan Ramadhan dan hari raya, agar tidak kaget jika melihat harga yang naik," jelasnya. (pct1/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO