Cegah Kriminalitas, DPU Pasuruan Berencana Pasang PJU di Titik Rawan

Cegah Kriminalitas, DPU Pasuruan Berencana Pasang PJU di Titik Rawan Proyek PJU di bundaran Gempol - Apollo yang dipasang tahun 2016 silam.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk menekan angka kriminalitas seperti penjambretan dan perampasan kendaraan di jalan desa maupun jalan Kabupetan, Pemkab Pasuruan berencana untuk menambah ribuan titik PJU yang di beberapa titik yang rawan kejahatan pada tahun 2017. Untuk mewujudkan program tersebut, anggaran miliaran rupiah sudah disiapkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto. Ia menjelaskan, memang belum seluruhnya ruas jalan di wilayah Kabupaten Pasuruan diterangi dengan lampu PJU. Padahal, keberadaan lampu-lampu itu diperlukan untuk mengantisipasi kecelakaan dan juga aksi kejahatan.

Karena itulah, tahun ini pihaknya mengalokasikan penambahan PJU melalui APBD 2017. Tak tanggung-tanggung, sekitar 2.100 lampu PJU bakal disebar di wilayah Kabupaten Pasuruan. Mulai Gempol, Pandaan, Nguling, Lekok, Prigen serta kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Pasuruan.

“Dinas berharap jalur-jalur di wilayah Kabupaten Pasuruan lebih terang. Langkah ini tentunya untuk mengantisipasi kecelakaan serta antisipasi terhadap tindak kejahatan,” jelas Hari kepada Bangsaonline.com.

Pemkab sendiri tengah menyiapkan dana yang tak murah untuk merealisasikan rencana tersesbut. Dana hingga Rp 24 miliar disiapkan untuk penambahan PJU tersebut. Puluhan miliar dana itu, akan digulirkan di 120 lokasi yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Setiap lokasi, rencananya akan dipasangi sekitar 10 lampu hingga 20 lampu PJU. “Sekarang masih tahap perencanaan,” sambungnya.

Pada tahun lalu, anggaran yang sama, yakni Rp 24 miliar sudah digulirkan untuk program penerangan jalan. Tapi dana tersebut belum bisa mengcover semua ruas jalan Kabupaten Pasuruan.

Saat ini, jumlah PJU di wilayah Kabupaten Pasuruan mencapai 45.610 buah lampu. Dengan tambahan itu, paling tidak ada 47.400 ribu lampu PJU di wilayah Kabupaten Pasuruan hingga akhir 2017 ini. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO