Dukung Program Pembangunan PJU, Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 8 Miliar Lebih

Dukung Program Pembangunan PJU, Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 8 Miliar Lebih Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan Agus Hari Wibawa (kanan) bersama Ahmad Habibi, Wartawan BANGSAONLINE.com.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab pada tahun 2022 kembali mengalokasikan anggaran Rp 8 miliar lebih untuk program penerangan jalan umum (PJU).

Penambahan lampu PJU itu difokuskan apda jalan-jalan penghubung antar desa di Kabupaten . Tujuannya, memperlancar aktivitas masyarakat di malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agus Hari Wibawa menjelaskan bahwa program PJU baru ditangani sejak adanya perda SOTK.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya, program penerangan jalan ditangani dinas bina marga, sehingga dalam pelaksanaan kita harus berhati-hati agar tidak terjadi masalah," jelasnya saat rapat kerja di DPRD.

Kadishub yang juga plt kadispora itu menambahkan, kegiatan pembangunan PJU saat ini masih menunggu proses perencanaan oleh konsultaan.

Agus menjelaskan, untuk besaran anggaran pembangunan PJU bervariatif, tergantung volume dan panjang lampu yang dipasang. Untuk tiap tititk ada yang di bawah Rp 200 juta, ada juga yang dilakukan tender.

Dari total anggaran tersebut bisa direalisasikan di 64 lokasi/paket pekerjaan PJU yang tersebar di 24 kecamatan, dengan total 696 unit tiang PJU.

"Contohnya, kegiatan pembangunan PJU di Desa Minggir, Kecamatan Rembang Rp 84 juta, Kecamatan Sukorejo jalan penghubung Kalirejo Kenduruan Rp 285 juta," ujar Yasin, Kabid Lalin Dishub menambahkan. (bib/par/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO