Selasa, 31 Maret 2020 09:24

Bupati Malang Minta Momen Harkitnas Dapat Lebih Dimaknai dan Direnungkan

Senin, 22 Mei 2017 17:04 WIB
Wartawan: Tuhu Priyono
Bupati Malang Minta Momen Harkitnas Dapat Lebih Dimaknai dan Direnungkan

MALANG, BANGSAONLINE.com - Modal yang sangat berharga dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah membangun dan memelihara kebersamaan persatuan dan kebulatan tekad tanpa menonjolkan paham kedaerahan. Hal ini disampaikan Bupati Malang, Dr. H Rendra Kresna dalam pidatonya pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109, Senin (22/5).

Rendra meminta agar momen Harkitnas ini dapat lebih dimaknai dan direnungkan, khususnya mengenai semangat kebangsaan. Karena, kata dia, berbagai dinamika yang berkembang serta kondisi akhir-akhir ini membuat masyarakat terancam terpecah belah.

Dalam kesempatan ini, Rendra juga menyinggung oemerataan pembangunan yang berkeadilan, sebagai wujud kebangkitan Nasional yang menjadi tema dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun ini.

Menurut Rendra, mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial menjadi penghormatan terhadap cita-cita para penetap dasar kebangsaan. Para pendahulu bangsa ini menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan.

Untuk itu, dirinya berharap agar masyarakat bisa memaknai semangat juang pendahulu yang telah berjuang tanpa pamrih dengan kesabaran dan keberanian serta pengorbanan para pejuang kita dalam mengusir penjajah.

"Dalam menghadapi berbagai tantangan, diharapkan kepada seluruh elemen dan masyarakat khususnya di Kab Malang agar mengedepankan semangat kebersamaan sebagai sebuah bangsa yang bermartabat dan memiliki daya saing tinggi," ujarnya.

"Tidak akan ada bangsa yang maju tanpa bersatu dan berjuang keras‎. Untuk itu, marilah kita membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa tanpa menghiraukan adanya perbedaan adat, budaya dan paham-paham lainnya demi sebuah cita-cita bangsa terus relevan sepanjang masa, sebagaimana yang terkandung dalam nilai-nilai Harkitnas," imbuh Rendra.

Orang nomor satu di Kabupaten Malang itu juga mengatakan, pendidikan merupakan pondasi utama dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan cerdas. "Karena itu, dunia pendidikan harus mampu dikelola secara profesional dengan tetap berpegang teguh pada keselarasan dan keserasian terhadap budaya dan kearifan lokal," ujar Rendra. (thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...