Peduli Akseptor, Pemkab Ponorogo Beri Layanan Papsmear Gratis

Peduli Akseptor, Pemkab Ponorogo Beri Layanan Papsmear Gratis Mobil pelayanan papsmear dari Dinas PP dan KB Ponorogo. Inset, Kepala Dinas PP dan KB Ponorogo Hardjono.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap akseptor KB, Dinas KB dan Pengendalian Penduduk Kabupaten memberikan layanan papsmear gratis untuk mendeteksi dini kanker rahim. Layanan yang sudah berlangsung di tiga lokasi ini diminati oleh masyarakat .

Kepala Dinas PP dan KB Hardjono menjelaskan bahwa ada kuota 250 orang untuk mendapatkan pelayanan papsmear gratis dari BKKBN pusat.

“Pelayanan papsmear gratis ini diperuntukkan bagi pasangan subur yang menggunakan alat kontrasepsi IUD. Ini untuk memberikan perlindungan dari pemerintah dari ancaman kanker rahim,” ujar Hardjono, Jumat (19/5).

Memang untuk pasangan yang menggunakan alat kontrasepsi IUD diharapkan untuk secara rutin memeriksakan diri papsmear setiap 6 bulan sekali. Untuk tempatnya sudah banyak. Di antaranya di RSUD dr Hardjono, RSU Aisyiyah dan rumah sakit yang lain.

Untuk itu, Dinas PP dan KB juga membantu melalui layanan keliling dengan menggunakan mobil untuk melaksanakan pelayanan papsmear di beberapa tempat di wilayah Kabupaten . Kamis lalu di Perumahan Grisimai, Kecamatan Kota dan Jumat kemarin di halaman gedung terpadu. Sedangkan untuk hasilnya akan keluar satu bulan berikutnya.

Harapannya dengan pelayanan yang diberikan dapat mengurangi penderita kanker. Bahkan targetnya tidak ada lagi penderita kanker rahim dengan pendeteksian dini melalui papsmear ini.

Sementara menurut salah seoran warga yang memeriksakan dirinya, Wati, dirinya baru tahu kalau pemakai alat kontrasepsi IUD harus rutin papsmear.

“Ini baru pertama kali mas, tapi ke depan akan rutin periksa. Semoga tidak terjangkit kanker rahim,” ujarnya setelah keluar dari mobil Dinas PP dan KB . (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO