DPRD Jatim Ajak Pemuda Berkiprah Dalam Politik

DPRD Jatim Ajak Pemuda Berkiprah Dalam Politik Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Timur, Renville Antonio memberikan pelatihan legislatif di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Kamis (11/5). foto: M DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masih banyak masyarakat, terutama pemuda yang bersifat apriori dengan dunia politik. Padahal hampir seluruh sendi kehidupan diatur melalui proses politik. Karena itu perlu sosialiasi dan pelatihan agar para pemuda ini mengerti politik dan bisa berkontribusi positif bagi masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan anggota DPRD Jawa Timur, Renville Antonio saat mengisi acara pelatihan legislatif mahasiswa yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Timur itu mengingatkan, potensi suara pemuda sangat besar. Jumlahnya mencapai sekitar 8 juta suara. Karena itu kesadaran pemuda dalam politik harus dibangkitkan. Dengan begitu bisa berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dengan jumlah tersebut (delapan juta suara), kita bisa jadi anggota dewan. Karena itu, kalau suara pemuda itu bisa berpengaruh di parlemen,” kata Renville Antonio, Kamis (11/5).

Wakil Ketua Komisi C yang membidangi keuangan di DPRD Jatim ini menambahkan, forum yang diselenggarakan mahasiswa ini sangat baik untuk lebih mengenal dan memahami tentang tugas dan fungsi legislatif.

"Ini forum yang baik untuk melatih anak muda bagaimana fungsi legislatif di provinsi dan bagaimana legislatif di mahasiswa agar menjadi lebih baik lagi," kata anggota Dewan dari daerah pemilihan Jatim VIII itu.

Renville mengaku sangat mengapresiasi mahasiswa yang punya inisiatif mengundang para legislator supaya memberi masukan. Politisi berlatar advokat ini secara garis besar menjelaskan posisi legislatif di sebuah pemerintahan daerah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO