Ratusan Warga dari 5 Desa Turut Serta dalam Sedekah Bumi di Sendang Bektiharjo Semanding

Ratusan Warga dari 5 Desa Turut Serta dalam Sedekah Bumi di Sendang Bektiharjo Semanding Warga memadati Pemandian Bektiharjo untuk melangsungkan sedekah bumi. foto: GUNAWAN WIHANDONO/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga dari lima desa di sekitaran Pemandian Bektiharjo, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten  mengikuti serangkaian acara sedekah bumi, Rabu (3/5).

Sedekah bumi itu digelar di obyek wisata pemandian Bektiharjo. Adapun lima desa yang turut serta yakni Desa Bektiharjo, Semanding, Prunggahan Kulon, Prunggahan Wetan dan Tegalagung.

Sama seperti sedekah bumi pada umumnya, mereka masing-masing membawa makanan yang terdiri dari nasi, lauk, jajan tradisional dan sesaji yang di bungkus daun pisang. Mereka meletakkannya di pagar punden untuk memberi makan kera dan dilemparkan ke sumber air untuk makan ikan.

"Sedekah bumi ini dilakukan setiap tahun yang harinya sudah ditentukan pada hari Rabu Pon," ujar Hartono, juru kunci Sendang Bektiharjo.

Mbah Har sapaan akrabnya menjelaskan, tujuan utama sedekah bumi ini untuk melestarikan kebudayaan leluhur, serta bentuk syukur atas apa yang diterima selama ini.

"Ini merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat dari sang kuasa. Sebab selama ini warga memanfaatkan air untuk pengairan sawah dari air sendang," kata Mbah Har.

Sulastri, salah satu warga, mengaku setiap tahun selalu turut serta dalam acara sedekah bumi tersebut. "Sebagai bentuk rasa syukur," ujarnya. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO