Kabupaten Pasuruan Tambah Ribuan Lampu PJU di Jalan Desa

Kabupaten Pasuruan Tambah Ribuan Lampu PJU di Jalan Desa

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk pemerataan penerangan lampu di bebebarapa desa di wilayah Kabupaten, Pemkab Pasuruan berencana untuk menambah lampu-lampu PJU. Untuk mewujudkan itu, anggaran miliaran rupiah disiapkan pada tahun 2017 ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto. Dia mengatakan, belum seluruhnya ruas jalan di wilayah Kabupaten Pasuruan diterangi dengan lampu PJU. Padahal, keberadaan lampu-lampu itu diperlukan untuk mengantisipasi kecelakaan dan juga kejahatan.

Karena itulah, tahun ini pihaknya mengalokasikan penambahan PJU melalui APBD 2017. Tak tanggung-tanggung, sekitar 2.400 lampu PJU bakal disebar di wilayah Kabupaten Pasuruan. Mulai Gempol, Pandaan, Nguling, Lekok, Prigen serta kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Pasuruan.

“Dinas berharap jalur-jalur di wilayah Kabupaten Pasuruan lebih terang. Langkah ini tentunya untuk mengantisipasi kecelakaan serta antisipasi terhadap tindak kejahatan,” jelas Hari beberapa waktu lalu.

Pemkab sendiri tengah menyiapkan dana yang tak murah untuk merealisasikan rencana tersebut. Dana hingga Rp 24 miliar disiapkan untuk penambahan PJU tersebut. Puluhan miliar dana itu, akan digulirkan di 119 lokasi yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.

"Setiap lokasi, akan dipasangi sekitar 10 lampu hingga 20 lampu PJU. "Sekarang masih tahap perencanaan," sambungnya.

Saat ini, jumlah PJU di wilayah Kabupaten Pasuruan mencapai 45.610 lampu PJU di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan. Dengan tambahan itu, paling tidak ada 48 ribu lampu PJU di wilayah Kabupaten Pasuruan hingga akhir 2017 ini. (bib/par)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO