Jumat, 24 Mei 2019 05:02

Desa Tugurejo Siap Wakili Ponorogo di Tingkat Jawa Timur

Sabtu, 15 April 2017 00:04 WIB
Wartawan: Yahya
Desa Tugurejo Siap Wakili Ponorogo di Tingkat Jawa Timur
Tim penilai saat melihat produk UKM Desa Tugurejo. Inset: Kades Siswanto.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Mewakili Kecamatan Slahung dan masuk nominasi 8 besar Lomba Desa Tingkat Kabupaten Ponorogo 2017, Desa Tugurejo bersiap mewakili Ponorogo lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Tugurejo Siswanto dalam menyambut tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Ponorogo di Balai Desa Tugurejo, Kamis (13/4) lalu.

“Dengan adanya lomba desa tingkat kabupaten membuat semangat persatuan, dan partisipasi seluruh masyarakat Desa Tugurejo semakin meningkat. Selain itu, kerja sama antar elemen masyarakat baik itu perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pemuda pemudi juga semakin baik, sehingga lomba desa ini merupakan momentum kebangkitan masyarakat Desa Tugurejo,” papar Siswanto.

Walaupun dari seluruh nominator, Desa Tugurejo merupakan satu-satunya desa yang terletak di pegunungan atau di pelosok, namun desa ini memiliki banyak kelebihan dibanding daerah lain. Desa Tugurejo memiliki potensi dan inovasi yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Yang pertama, semangat persatuan yang kuat dan kebersamaan serta kegotongroyongan. Yang kedua, kekayaan sumber daya alam sangat besar di desa, di antaranya perkebunan seluas 314, 070 hektare yang menjadikan 414 masyarakat menjadi penyadap, segudang tambang yang dieksploitasi dan dieksplorasi yang menyumbang PAD bagi Kabupaten Ponorogo.

“Semboyan kami yaitu guyup rukun mbangun deso tumuju rahuyuning Deso Tugurejo sudah terintegrasi dan menyatu dalam diri masyarakat Desa Tugurejo. Dengan penuh semangat dan kerja keras kami siap mewakili Ponorogo di tingkat Provinsi Jawa Timur,” pungkas Siswanto.

Sementara, menurut Ketua Tim Penilai Lomba Desa, yang juga Sekretaris Dinas Bapemas Pemdes atau yang sekarang menjadi PMD, Siswondo, tujuan diadakannya lomba desa adalah untuk meningkatkan partisipasi gotong royong yang akhir-akhir ini mulai memudar.

“Selain itu untuk meningkatkan kerja sama antara masyarakat, BPD, LPMD dengan dunia usaha, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” ujar Siswondo.

Untuk penilaian dititikberatkan selama dua tahun terakhir ini, yaitu, bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan dengan 17 indikator. Pihaknya berharap dengan bidang dan indikator yang telah ditetapkan dapat terpenuhi, maka desa yang bersangkutan merupakan desa ideal sehingga masyarakat yang hidup di tempat tersebut dapat terlayani dalam setiap segi kehidupannya.

Hadir dalam lomba tersebut tim penilai Lomba Desa Kabupaten Ponorogo dari Dinas PMD, Forpimcam Kecamatan Slahung, dan seluruh elemen masyarakat Desa Tugurejo. (yah/rd)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...