Minggu, 29 Maret 2020 03:13

Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (12): Kiai Pertama yang Populerkan Istighotsah

Rabu, 05 April 2017 01:06 WIB
Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (12): Kiai Pertama yang Populerkan Istighotsah

Oleh: M Mas'ud Adnan

Istighotsah adalah doa bersama yang jadi tradisi ritual dan spiritual yang tumbuh dan berkembang di kalangan warga NU. Awalnya istighotsah ini dilakukan secara terbatas di kalangan NU. Tapi pada tahun 1990-an saat Kiai Hasyim Muzadi terpilih sebagai ketua PWNU Jawa Timur, istighotsah ini mulai disosialisasikan secara masif.

Saat itu saya baru memulai jadi wartawan. PWNU Jawa Timur menggelar istighotsah kali pertama di lapangan di Sidoarjo. Muncul pro-kontra terutama di kalangan luar NU. Mereka menilai istighotsah itu tak ada tuntunannya, tak ada dalilnya dalam al-Qur’an dan Hadits. Apalagi dilaksanakan di lapangan terbuka.

Saya mewawancarai Kiai Hasyim Muzadi tentang acara istighotsah ini. Saat itu Kiai Hasyim Muzadi tak peduli dengan pihak yang kontra karena doa itu baik dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan Allah SWT. Menurut Kiai Hasyim Muzadi, berdoa di mana saja boleh dan tak dibatasi oleh tempat, kecuali tempat-tempat yang secara spesifik dilarang seperti tempat-tempat najis. Bahkan ada banyak tempat yang dianjurkan sebagai tempat berdoa seperti di tanah haram Makkah dan Madinah. Berdoa juga boleh sendiri dan juga boleh berjamaah atau bersama-sama.

Istighotsah bagi NU justru kebaikan dan keberkahan. Karena itu dalam acara istighotsah pertama yang digelar secara terbuka di Sidoarjo itu Kiai Hasyim Muzadi lalu menginstruksikan kepada PCNU sampai ranting NU untuk menggelar dan mentradisikan ritual istighotsah di tempatnya masing-masing.

Secara perlahan tapi pasti ritual istighotsah ini mulai tumbuh dan mentradisi di kalangan warga NU. Puncaknya cukup spektakuler ketika PWNU Jatim menggelar istighatsah di stadion Gelora 10 Nopember Tambak Sari Surabaya. Saat itu KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai ketua umum PBNU sedang gencar-gencarnya mengkritik Presiden Soeharto yang dianggap korup dan otoriter dalam memimpin pemerintahan Orde Baru.

Kharisma Gus Dur yang luar biasa semakin menjadi daya tarik bagi orang NU untuk hadir dalam acara istighotsah di Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya itu. Dari berbagai daerah – terutama Jawa Timur – warga NU berbondong-bondong hadir ke acara istighotsah yang disebut-sebut menggetarkan langit itu. Apalagi saat itu para kiai yang duduk di panggung sama-sama sesenggukan menangis, termasuk Gus Dur dan Kiai Hasyim Muzadi. Saya masih ingat saat Kiai Hasyim Muzadi mengusap air matanya dengan sorban putih karena terus mengucur.

Dalam sejarah NU di Jawa Timur, acara istighotsah inilah sejarah paling sukses mengumpulkan massa. Karena meski digelar pada hari Ahad tapi Surabaya sempat macet. Saya masih ingat ketika Pak Sholeh Hayat, salah satu pengurus PWNU Jawa Timur, berbicara kepada wartawan yang intinya minta maaf kepada warga Surabaya karena jalanan-jalanan Surabaya macet.

”Mohon maaf kepada warga Surabaya karena jalan-jalan raya kami pinjam untuk sementara karena ada acara istightsah warga NU,” kata Pak Sholeh Hayat.

Sejak itu ritual istighotsah populer secara nasional dan gencar digelar di mana-mana. Maklum, selain acara istighotsah ini berlangsung khusuk dan ikhlas tanpa pamrih juga ritual ini disebut-sebut untuk merontokkan pemerintah yang dzalim, disamping untuk memperbaiki kondisi Indonesia yang sudah sangat korup dan otoriter. Liputan pers juga meluas.

Kiai Hasyim Muzadi sebagai ketua PWNU Jatim kemudian menggelar istighatsah lagi di lapangan Kodam V Brawijaya. Warga NU yang hadir banyak. Tapi tak sebesar dan spektakuler yang digelar di lapangan Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya. (m mas’ud adnan/bersambung)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...