Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (12): Kiai Pertama yang Populerkan Istighotsah

Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (12): Kiai Pertama yang Populerkan Istighotsah

Oleh: M Mas'ud Adnan

Istighotsah adalah doa bersama yang jadi tradisi ritual dan spiritual yang tumbuh dan berkembang di kalangan warga NU. Awalnya istighotsah ini dilakukan secara terbatas di kalangan NU. Tapi pada tahun 1990-an saat Kiai Hasyim Muzadi terpilih sebagai ketua PWNU Jawa Timur, istighotsah ini mulai disosialisasikan secara masif.

Saat itu saya baru memulai jadi wartawan. PWNU Jawa Timur menggelar istighotsah kali pertama di lapangan di Sidoarjo. Muncul pro-kontra terutama di kalangan luar NU. Mereka menilai istighotsah itu tak ada tuntunannya, tak ada dalilnya dalam al-Qur’an dan Hadits. Apalagi dilaksanakan di lapangan terbuka.

Saya mewawancarai Kiai Hasyim Muzadi tentang acara istighotsah ini. Saat itu Kiai Hasyim Muzadi tak peduli dengan pihak yang kontra karena doa itu baik dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan Allah SWT. Menurut Kiai Hasyim Muzadi, berdoa di mana saja boleh dan tak dibatasi oleh tempat, kecuali tempat-tempat yang secara spesifik dilarang seperti tempat-tempat najis. Bahkan ada banyak tempat yang dianjurkan sebagai tempat berdoa seperti di tanah haram Makkah dan Madinah. Berdoa juga boleh sendiri dan juga boleh berjamaah atau bersama-sama.

Istighotsah bagi NU justru kebaikan dan keberkahan. Karena itu dalam acara istighotsah pertama yang digelar secara terbuka di Sidoarjo itu Kiai Hasyim Muzadi lalu menginstruksikan kepada PCNU sampai ranting NU untuk menggelar dan mentradisikan ritual istighotsah di tempatnya masing-masing.

Secara perlahan tapi pasti ritual istighotsah ini mulai tumbuh dan mentradisi di kalangan warga NU. Puncaknya cukup spektakuler ketika PWNU Jatim menggelar istighatsah di stadion Gelora 10 Nopember Tambak Sari Surabaya. Saat itu KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai ketua umum PBNU sedang gencar-gencarnya mengkritik Presiden Soeharto yang dianggap korup dan otoriter dalam memimpin pemerintahan Orde Baru.

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO