Wujudkan Smart City, Kabupaten Pasuruan Bakal Punya Data Center Dilengkapi Peralatan Canggih

Wujudkan Smart City, Kabupaten Pasuruan Bakal Punya Data Center Dilengkapi Peralatan Canggih Detailed Engineering Design (DED) Smart Center Kabupaten Pasuruan yang futuristik. foto: SUPARDI/ BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pada tahun 2018 mendatang, Kabupaten Pasuruan bakal menjadi Smart City yang memiliki Data Center, Command Center dan Media Center. Hal tersebut akan ditopang dan ditunjang perangkat dan peralatan yang sangat canggih. Di antaranya, menggunakan optik sehingga dapat mempercepat proses masuknya Informasi dan data di Kabupaten Pasuruan.

Keterangan itu dikemukakan oleh ketua komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, Drs. Udik Djanuatoro, IR. Ia mengungkapkan fungsi ketiga item itu, yakni Data Center sebagai pengelolaan data di Kabupaten Pasuruan. Kemudian, Command Center berfungsi untuk kecepatan menyerap aspirasi, aduan dan informasi dari masyarakat, sehingga warga kabupaten Pasuruan dapat berinteraksi langsung melalui teleconference dengan pejabat maupun instansi terkait.

Demi menunjang kelancarannya, akan dipasang CCTV di tempat tempat strategis maupun tempat yang rawan dengan kejahatan, sehingga informasi dari masyarakat dapat segera didapat dan bisa segera ditindaklanjuti.

Sedangkan item yang ketiga, yakni Media Center beserta Infokom yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa dengan cepat mengakses informasi tersebut.

"Tahun 2018 gedung tersebut harus segera rampung. Saat ini masih di dalam proses mencari lahan atau tempat berdirinya gedung tersebut," kata Udik Djanuantoro.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO