Tiga Pelajar SMA NU 2 Gresik Olah Jantung Pisang Jadi Teh Kaya Khasiat

Tiga Pelajar SMA NU 2 Gresik Olah Jantung Pisang Jadi Teh Kaya Khasiat Para siswa SMA NU 2 Gresik menunjukkan hasil kreasi dan piala yang didapatkan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - SMA NU (Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama) 2 Gresik, kembali menorehkan ptestasi. Kali ini, tiga siswanya berhasil mencipatkan olahan jantung pisang menjadi teh kaya khasiat.

Ketiga siswa tersebut adalah Juliana Rosyida, Andhini Nindya Putri, dan Reza Silvia. Mereka adalah siswa kelas XII SMA NU 2 Gresik.

Masyarakat selama ini mengenal teh merupakan minuman yang akrab menemani saat santai maupun resmi. Minuman ini terbuat dari daun teh yang dikeringkan. Penyajiannya pun beragam, daun yang mengering langsung dituang air, atau ada yang mengemasnya dalam kantung, sehingga cukup dicelup saja bisa menghasilkan minuman dengan cita rasa nikmat.

Namun, penggunaan kata teh sekarang makin meluas. Meski tidak terbuat dari daun teh, beberapa daun lain atau bahkan bunga yang penyajiannya dikemas dalam kantung dan dicelup, biasanya juga mendapat embel-embel teh.

Seperti teh buatan tiga siswi SMA NU 2 Gresik tersebut yang membuat suatu minuman yang tidak terbuat dari daun teh, tetapi mereka mengemasnya seperti teh yang ada di pasaran.

Minuman yang mereka buat adalah teh jantung pisang. Mereka mengklaim minuman yang mereka ciptakan mempunyai manfaat menyehatkan tubuh.

"Saya melihat nenek sering membuat sayur dari jantung pisang. Tetapi yang dipakai adalah kulit atau bagian yang menutupi bunga saja. Sementara bunganya dibuang," kata Juliana kepada wartawan, Senin (27/3).

Menurut dia, dirinya bisa memunculkan produk teh dari bunga jantung pisang kebetulan di sekolah ada tugas yang mengharuskan membuat sesuatu dari bahan-bahan yang dianggap kurang berguna menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Dari situ, Juliana mengajak Andhini dan Reza untuk merealisasikan idenya.

Mereka kemudian browsing untuk mencari tahu kandungan apa yang dimiliki bunga jantung pisang. Ternyata bunga jantung pisang mengandung protein, kalsium, vitamin A, B1, dan C, saponin, serta flavonoid.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO