Wali Kota Mojokerto dan Bandung Teken MoU Kerja Sama Smart City

Wali Kota Mojokerto dan Bandung Teken MoU Kerja Sama Smart City Wali Kota Mas'ud Yunus dan Wali Kota Ridwan Kamil menandatangani MoU kerja sama Smart City.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - “Kita sangat butuh kolaborasi dengan daerah lain yang lebih maju. Ini seiring dengan semangat tahun 2017, yaitu semangat kreasi, inovasi dan prestasi untuk kemajuan Kota Mojokerto,” tutur Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus usai penandatanganan MoU kerjasama jaringan lintas perkotaan dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Rabu (8/3/2017) lalu.

Bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Blitar, penandatanganan dengan Ridwan Kamil dilakukan oleh 7 pimpinan daerah antara lain Wali Kota Mojokerto, Wali Kota Blitar, Wali Kota Probolinggo, Wali Kota Tanjung Balai, Bupati Malang, Bupati Buleleng dan Bupati Kediri.

Sebelumnya Pemerintah Kota Mojokerto melalui Wali Kota mengajukan usulan kerja sama jaringan lintas perkotaan kepada Wali Kota Bandung. Hal ini pun disambut baik oleh pihak Pemkot Bandung dengan dilaksanakannya kolaborasi lintas perkotaan dengan beberapa daerah yang berlangsung kemarin.

“Dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, kita harus mengedepankan integrasi dan kolaborasi. Apa yang sudah dicapai Pemkot Bandung ini harus bisa diterapkan di Kota Mojokerto. Nah begitu juga sebaliknya, demi kemajuan bersama. Jika kita punya program yang bagus, Program Pusyar misalnya, daerah manapun juga bisa belajar dari Kota Mojokerto,” tuturnya.

Wali Kota Mas’ud Yunus lantas menyampaikan bahwa harmonisasi dan sinkronisasi program ini dalam rangka percepatan dan pemerataan pembangunan serta peningkatan kerja sama masyarakat. Kesepakatan bersama ini yaitu dalam rangka melaksanakan alih pengetahuan dan pengalaman best practices antar pemerintah daerah.

Banyak hal yang harus dikolaborasikan dengan Pemkot Bandung dalam nota kesepahaman tersebut. Terlebih untuk mewujudkan pengembangan smart city dan e-government di Kota Mojokerto berbasis aplikasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO