Pilgub Jatim 2018, Perempuan Bangsa Siap Gerakkan 134.000 Relawan

Pilgub Jatim 2018, Perempuan Bangsa Siap Gerakkan 134.000 Relawan Ketua DPW Perempuan Bangsa (PB) Jawa Timur, Anik Maslachah (kanan) didampingi Sekretaris PB Jatim, Khozanah Hidayati. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konstelasi politik Jawa Timur mulai menghangat menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur tahun 2018. Terbukti, sejumlah partai mulai menggerakkan mesin politik dan infrastruktur partai. Contohnya, Perempuan Bangsa. Organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa itu siap mengerahkan 134.000 relawan untuk memenangkan Abdul Halim Iskandar (Pak Halim) di pilgub nanti.

Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Timur, Anik Maslachah mengungkapkan, pihaknya telah membentuk Relawan Penggerak Holopis (RPH) untuk mensosialisasikan figur dan program Pak Halim kepada masyarakat.

“Ada sekitar 134.000 relawan RPH yang siap diterjunkan untuk memenangkan Pak Halim di pilgub. Mereka adalah dari relawan Perempuan Bangsa se-Jatim yang terdiri dari para guru, guru ngaji, pelaku UMKM perempuan,” tutur Sekretaris Fraksi PKB DPRD Jatim itu, Senin (27/2).

Bendahara Fatayat NU Jatim ini menambahkan, tahun 2017 adalah saatnya bagi Perempuan Bangsa Jatim untuk tancap gas untuk mensosialisasikan Pak Halim. Karena Pilgub Jatim tinggal setahun lagi, sehingga harus mulai menggerakan mesin politik dan jaringan partai.

“DPW PB Jatim sudah lakukan deklarasi dukungan kepada Pak Halim sebagai Cagub Jatim pada awal 2016, setahun lalu. Sejak itu ibaratnya mesin politik sudah kami panaskan. Nah, sekarang masuk tahun 2017 waktunya untuk tancap gas,” jelas alumni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini.

Sementara itu, Sekretaris Perempuan Bangsa Jatim, Khozanah Hidayati menjelaskan selaku badan otonom dari PKB selalu siap melaksanakan tugas dan perintah DPW PKB Jatim untuk memenangkan Pak Halim sebagai Gubernur Jatim tahun 2018. Terutama menguatkan basis dukungan untuk segmentasi kaum perempuan.

Karena itu pihaknya telah melakukan beberapa agenda, di antaranya menggelar Festival Lagu Holopis pada bulan Mei 2016 dan melakukan konsolidasi pengurus, kader dan relawan melalui Lomba Senam Holopis seluruh Kab/Kota se-Jatim yang pemenangnya akan ditampilkan dalam Forum Deklarasi Pak Halim sebagai Cagub Jatim pada pertengahan tahun ini.

“Sejumlah kegiatan sosialisasi lewat lomba maupun senam sudah kami laksanakan. Bidikannya tentu kaum perempuan sesuai segmen organisasi,” imbuh politisi yang akrab disapa Mbak Ana tersebut.

Anggota Dewan peraih suara terbanyak di daerah pemilhan Jatim IX ini mengatakan, sosok Pak Halim sejauh ini relatif diterima dengan baik oleh kaum perempuan dan para ibu. Hal ini didasari oleh kebijakan Pak Halim yang banyak berpihak pada upaya pembangunan berbasis gender.

“Pak Halim itu meski bukan perempuan tapi punya sensivitas gender yang baik. Terbukti kaum perempuan sangat diakomodir di PKB, bahkan ditempatkan di nomor urut satu dalam daftar caleg pemilu tahun 2014. Tak heran kalau sekitar 40 persen anggota Fraksi PKB adalah perempuan,” pungkas Bendahara Fraksi PKB DPRD Jatim ini. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO