Pemkab Banyuwangi Alokasikan Rp 15 M untuk Renovasi Trotoar dan RTH

Pemkab Banyuwangi Alokasikan Rp 15 M untuk Renovasi Trotoar dan RTH Trotoar Taman Blambangan Banyuwangi yang pertama akan direnovasi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi terus berbenah. Di awal 2017, sejumlah titik pendestrian di ruas jalan utama di perkotaan Banyuwangi, akan direnovasi massal. Untuk proyek itu, Pemkab menggelontorkan dana Rp 15 miliar. Dana sebanyak itu, untuk merenovasi trotoar sepanjang jalan wilayah kota dan sejumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH), dengan menonjolkan desain trotoar yang lebih rendah untuk kenyamanan pejalan kaki. Trotoar yang awal ketingginya 40 cm, akan dipangkas menjadi 20 cm. Lebar yang semula 2 meter, akan dilebarkan lagi menjadi 3 hingga 4 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya dan Penataan Ruang, Mujiono saat dikonfirmasi, Kamis (2/2) menjelaskan, renovasi trotoar ini mulai digarap pada trimester awal tahun 2017 ini. Sejumlah perbaikan dilakukan, mulai dari menurunkan ketinggian trotoar, hingga penggantian lantai.

“Kita akui, sejumlah trotoar yang ada di Banyuwangi, kurang ramah terhadap pengguna jalan. Salah satunya, ketinggian trotoar yang membuat pejalan kaki harus naik turun saat jalan.Terkadang, juga menyulitkan pengendara kendaraan roda empat saat memarkirkan mobilnya. Saat membuka pintu, langsung menyentuh trotoar,” katanya.

Mujiono juga menerangkan, selain fungsinya untuk ruang pejalan kaki, trotoar merupakan salah satu infrastruktur vital yang berpengaruh pada wajah kota. Renovasi trotoar ini sangat penting karena renovasi dan pembangunan trotoar ini menjadi salah satu prioritas Pemkab untuk membenahi di bidang infrastruktur fisik di tahun ini.

“Kami juga ingin para pejalan kaki di kota Banyuwangi bisa nyaman saat jalan di pedestrian yang ada. Selain itu, trotoar yang rapi juga sangat berpengaruh bagi wajah kota," terangnya

Terkait pelebaran, dia memastikan tidak akan memakan badan jalan, “Kami akan maksimalkan space kanan kiri trotoar yang masih kosong. Cat trotoar pun akan diubah menjadi hitam putih, Menyesuaikan dengan material lantainya yang dari bahan batu candi. Selain itu,Trotoar juga akan di lengkapi dengan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Sehingga mereka tak perlu kesulitan.”

Selain itu, setiap 25 meter akan dipasang besi penutup got yang dilengkapi bak control yang berfungsi mengangkat sampah yang tersangkut di dalam drainase.

Renovasi trotoar di kota, akan dilanjutan dengan proyek serupa di daerah kecamatan seperti jalan raya Genteng, Rogojampi, Muncar, Jajag, Bangorejo, Pesanggaran, Kalibaru, Glenmore dan RTH Wongsorejo.

Total panjang renovasi trotoar di daerah kecamatan sekitar 4 kilometer. Pembangunan renovasi trotoar akan dituntaskan di tahun 2017.(bwi1/rus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO