Razia, 4 TKA Ilegal di Jombang Diamankan Timpora

Razia, 4 TKA Ilegal di Jombang Diamankan Timpora Dua WNA asal China (kaos merah dan baju hitam) saat digelandang petugas dari PT. Plastic Recycling di Desa Cangkringrandu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Kamis (19/1). foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) yang terdiri dari Imigrasi kelas III Kediri, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri (Kejari) , dan jajaran pejabat Pemkab setempat melakukan razia terhadap TKA (Tenaga Kerja Asing) di beberapa perusahaan di Kabupaten , Kamis (19/1). Hasilnya, empat orang diduga TKA ilegal diamankan petugas gabungan dari beberapa perusahaan yang tersebar di Kabupaten .

Keempat orang tersebut yakni Lin Xuanmao (53), Zhuang Heping (42), keduanya asal China. Kemudian Krishnasami (42) warga Negara India, dan Kim Byung Sam (49) asal Korea. Dua WNA asal China digelandang petugas dari perusahaan pengolahan plastik (PT. Plastic Recycling) di Jl Basuki Rahmat, Desa Cangkringrandu, Kecamatan .

Sementara seorang TKA asal India ditemukan dari pabrik sepatu Karya Mekar di Jl gatot Subroto, Kelurahan Jelakombo, Kabupaten , dan WNA asal Korea diamankan dari perusahaan tongkol jagung di Desa Sembung, Kecamatan Perak.

Dalam pantauan Bangsaonline.com, petugas gabungan dibagi menjadi dua tim untuk terjun ke beberapa perusahaan. Tim pertama yang meluncur dari Pendopo Kabupaten langsung menggeledah perusahaan pengolahan plastik di Jl Basuki Rahmat, Desa Cangkringrandu, Kecamatan Perak.

Setelah disisir, petuagas mendapati dua kamar yang didalamnya terdapat dua WNA asal China serta sejumlah pekerja lokal. Karena tidak bisa menunjukkan IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing) dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) yang dikeluarkan Imigrasi, dua WNA tersebut diciduk petugas.

Selanjutnya, petugas tim pertama menyisir perusahaan-perusahaan lain di Kecamatan Perak hingga Kecamatan Kabuh. Alhasil, petugas kembali mengamankan WNA asal Korea di perusahaan tongkol jagung di Desa Sembung, Kecamatan Perak. Itu karena WNA tersebut tidak bisa menunjukkan dokumen IMTA dan Kitas.

Sementara tim kedua dari petugas gabungan mengamankan satu WNA asal India di pabrik sepatu Karya Mekar di Jl gatot Subroto, Kelurahan Jelakombo, Kabupaten . “Jadi, ada 4 WNA yang kami amankan karena diduga melanggar Undang-Undang Ketenagakerjaan, Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang retribusi perpanjangan IMTA, dan Undang-Undang Nomor 35 Tentang Keimigrasian,” ujar Purwanto, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten saat memebrikan keterangan kepada awak media di Pendopo Kabupaten usai razia.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO