Jumat, 07 Mei 2021 23:22

Wakil Ketua DPRD Bondowoso Mengundurkan Diri, Diganti Sesama Kader PKS

Rabu, 18 Januari 2017 15:33 WIB
Wakil Ketua DPRD Bondowoso Mengundurkan Diri, Diganti Sesama Kader PKS
Ketut Yudi Kartiko bersama Ketua DPRD H. Ahmad Dafir saat menandatangani Surat pergantian Wakil Ketua DPRD Bondowoso.

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Rapat paripurna pemberhentian dan pergantian pimpinan DPRD Bondowoso, dari Ketut Yudi Kartiko kepada Budi Hartono, berlangsung dengan cepat. Dalam rapat tersebut ada dua agenda kegiatan, yaitu pembentukan dan penetapan panitia khusus (Pansus) perubahan perda nomor 1 tahun 2014 tentang tata tertib DPRD.

Ketua DPRD Bondowoso, Ahmad Dhafir, usai memimpin rapat mengatakan bahwa paripurna pemberhentian unsur pimpinan tersebut berdasarkan usulan dari internal partai PKS melalui fraksi di DPRD.

"Sebagaimana UU nomor 17, dan PP nomor 16 tentang DPRD, penggantinya adalah dari partai yang sama, sehingga Pak Ketut Yudi Kartiko yang mengundurkan diri digantikan oleh pak Budi Hartono," papar Ahmad Dhafir, Rabu (18/1/2017)

Hal ini, menurut Dhafir, sesuatu yang luar biasa, di mana Ketut Yudi Kartiko menandatangani surat pengunduran dirinya sendiri dari jabatan wakil ketua DPRD. "Ini satu-satunya di Indonesia, terjadi di DPRD Kabupaten Bondowoso," ujar Dhafir yang juga ketua DPC PKB Bondowoso.

BACA JUGA : 

Ketua DPRD Gelar Serap Aspirasi di Tancak Kembar, Sekaligus Promosikan Wisata

Sekaligus Serap Aspirasi, Ketua DPRD Bondowoso Touring Bareng Komunitas Honda CB

RAPBD Bondowoso Tetap Dibahas, Ancaman Sia-sia karena Sekwan Tak Dicopot

Muncul Anggaran Pilkades 3,4 M, Komisi II DPRD Bondowoso Mengaku Tidak Pernah Membahas Dana Pilkades

Sementara itu, Ketut Yudi Kartiko mengaku bahwa pengunduran dirinya dari wakil ketua DPRD merupakan perintah dari partai. Sehingga, sebagai kader partai harus tunduk dan patuh kepada keputusan partai.

"Yang menggantikan saya pak Budi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai anggota fraksi. Ini pula untuk berbagi pengalaman bagi kader partai," ungkapnya.

"Rolling jabatan dalam sebuah organisasi memang hal yang biasa. Yang kita lakukan ini sebagai kepatuhan dan ketaatan kepada sebuah keputusan partai," katanya.

Selain wakil ketua dewan, fraksi PKS juga merolling 3 jabatan lain. Ketut Yudi Kartiko, sebelumnya menjabat sebagai unsur pimpinan DPRD, kini diroling menjadi ketua FPKS, menggantikan Fathorrasi yang turun menjadi wakil ketua fraksi.

"Memang benar seperti yang disampaikan oleh ketua DPRD, ini satu-satunya di Indonesia, dan baru sekarang ada pergantian wakil ketua DPRD di Bondowoso," pungkasnya. 

Selain itu, pada paripurna ini, DPRD juga membentuk pansus yang akan membahas tata tertub DPRD dalam menentukan mitra komisi. "Contoh misalnya, kalau dulu perizinan mitra komisi satu, karena nomenklatur sudah berubah, maka dalam pembahasan tatib itu akan membahas pembagian mitra komisi di DPRD," ujarnya.

Menurutnya, pansus tatib DPRD tersebut tidak terlalu prinsip, karena hanya menyempurnakan mitra komisi.

"Perombakan komisi itu dalam peraturan yang ada, termasuk pula tatib pimpinan komisi itu paling lama 2,5 tahun, dan dilaksanakan pada awal tahun anggaran. Sebenarnya ini sudah masuk di tahun kedua," tandasnya. (gik/rev)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...