Tilik Desa, Bupati Ponorogo Resmikan BUMDes di Desa Brahu

Tilik Desa, Bupati Ponorogo Resmikan BUMDes di Desa Brahu Bupati Ipong disambut Kepala Desa Brahu, Suparni.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Dalam rangkaian tilik desa, Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni meresmikan Kantor BUMDes Rekadana milik Pemerintah Desa Brahu, Kecamatan Siman, Jumat (13/1). Menurut Kepala Desa Brahu, Suparni, desanya memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Untuk itu, BUMDes Rekadana akan disinergikan dengan potensi yang ada.

“Desa Brahu memiliki potensi di bidang pertanian, pabrik krupuk, dan teknologi tepat guna yang kami buat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sini,” ujar Suparni.

Desa Brahu memiliki luas 160 hektare yang berupa lahan pertanian 100 hektare dan 60 hektare sebagai pemukiman dan pekarangan. Sedangkan jumlah penduduknya 2.237 dengan penduduk produktif sebesar 800 orang. Dengan potensi yang dimiliki, dia yakin Desa Brahu akan menjadi desa yang maju dengan program berkelanjutan dan bantuan dari pemerintah.

“Untuk itu dengan kedatangan Bupati Ipong Muchlissoni kami meminta bantuan, baik dana maupun pendampingan agar program-program yang telah disusun dapat berjalan dengan baik,” pungkas Suparni.

Sementara, dalam dialog dengan bupati, warga masyarakat Desa Brahu menginginkan untuk diberikan pelatihan pembuatan pupuk organik. Mereka juga minta pengalihan dana Rp 300 juta untuk pembangunan infrastruktur selain jalan, karena jalan di Desa Brahu masih baik, serta pengembangan program perberdayaan masyarakat yang lainnya.

Menanggapi permintaan warga Desa Brahu, Bupati Ipong Muchlissoni menyanggupi apabila kemampuan keuangan daerah memungkinkan. “Untuk permintaan bantuan yang belum terealisasikan akan diagendakan di tahun 2018. Tentu dengan pengajuan dan surat permintaan bantuan yang akan kami tindaklanjuti,” ujar Bupati Ipong Muchlissoni.

Desa Brahu memiliki kemampuan yang lebih dalam berkembang dikarenakan jumlah penduduk yang banyak dan memiliki dana desa yang cukup besar. Untuk itu, Ipong meminta supaya masyarakat Desa Brahu untuk terus berinovasi dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan peluang.

“Kami akan terus berada di depan dan akan mendukung program-program yang telah disepakati dalam APBDes,” pungkas Bupati Ipong Muchlissoni. (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO