Buah Naga yang Mencengangkan untuk Melawan Penyakit Kanker

Buah Naga yang Mencengangkan untuk Melawan Penyakit Kanker Buah naga yang kaya manfaat.

BANGSAONLINE.com - Sebagian besar dari kita pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya buah naga. Buah dengan kulit tebal dan tekstur unik tersebut memang cukup diminati belakangan ini. Hal ini terbukti dari kian banyaknya orang yang membudidayakan buah yang bentuknya mirip tanaman kaktus tersebut. Namun apakah anda tahu apa saja manfaat buah naga tersebut?

Tiap 100 gram buah naga mengandung, mengandung nutrisi berupa 50 kalori, 11 gr karbohidrat, 1,1 gr protein, 0,4 gr lemak, dan 3 gr serat. Untuk vitaminnya, terdapat 20,5 mg vitamin C, 0,05 mg vitamin B2, 0,04 mg vitamin B1, dan 0,16 vitamin B3. Mineral yang terdapat dalam buah yang memiliki nama lain pitaya ini antara lain zat besi (1,9 gr), fosfor (22,5 mg), serta kalsium (8,5 mg).

Manfaat buah Naga? Antara lain: Mendongkrak sistem kekebalan tubuh, membantu sistem pencernaan, mencegah dan mengobati diabetes, menyehatkan jantung, menjaga kecantikan kulit, mencegah kanker.

Penjelasan lebih lanjutnya bisa kita simak di bawah ini:

Mendongkrak sistem kekebalan tubuh

Di samping deretan nutrisi yang telah disebutkan di atas, buah naga juga kaya akan flavonoid. Baik flavonoid maupun vitamin C, keduanya sangat baik untuk sistem imun tubuh. Apalagi kandungan vitamin C dalam buah naga lebih banyak ketimbang wortel, sehingga membuatnya menjadi salah satu sumber vitamin C yang dapat diandalkan.

Tak hanya itu, mikronutrisi yang terkandung dalam buah naga juga cukup mengesankan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science mengobservasi efek polifenol dan flavonoid terhadap beberapa jenis sel kanker. Baik ekstrak maupun kulit buah naga merah atau putih, semuanya mengandung agen anti-kanker, sehingga buah ini baik untuk dimakan maupun sebagai bahan kosmetik hingga obat-obatan.

Membantu sistem pencernaan

Kita semua tahu bahwa serat sangat berperan penting dalam melancarkan metabolisme. Dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan asupan serat secara alami adalah melalui konsumsi buah-buahan dan sayur. Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, buah naga juga bisa menjauhkan konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya.

Seperti yang telah disinggung di atas, dalam 100 gr buah naga terdapat sekitar 1 gr serat untuk versi buah segar, dan 10 gr bila dalam kondisi sudah dikeringkan. Untuk memperbesar porsi seratnya, Anda bahkan disarankan mengonsumsi kulitnya juga. Alasan lain mengapa manfaat buah naga begitu ramah bagi pencernaan adalah karena mengandung oligosakarida yang bekerja sebagai prebiotik.

Selain meningkatkan kesehatan metabolisme, prebiotik ternyata juga baik bagi penderita obesitas, kanker, hipersensitif, gangguan pembuluh darah, serta penyakit ringan lainnya. Mencegah dan mengobati diabetes Manfaat buah yang disebut juga dengan pitahaya berikutnya masih berkaitan erat dengan serat. Tak cuma melancarkan pencernaan, serat buah naga juga mampu menstabilkan kadar gula darah sehingga tetap normal.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO