Upacara Peringatan Hari Ibu Pemkab Gresik, ​Hari Ibu Lahir dari Pergerakan Bangsa Indonesia

Upacara Peringatan Hari Ibu Pemkab Gresik, ​Hari Ibu Lahir dari Pergerakan Bangsa Indonesia Bupati Sambari ketika memimpin upacara bendera. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com menggelar upacara bendera dalam rangka Hari Ibu ke-88 di halaman kantor Pemkab setempat, dipimpin Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, Kamis (22/12).

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan, prinsip kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki mulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan itu, Bupati membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise yang mengatakan bahwa peringatan Hari Ibu di Indonesia lahir dari pergerakan bangsa Indonesia.

“Dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaannya,” jelasnya.

Dalam arahannya, Yohanna Yembise mengungkapkan sejarah terbentuknya bangsa ini tidak terlepas dari peran penting gerakan kaum perempuan yang mendorong kemerdekaan Indonesia melalui Kongres Perempuan Pertama di Yogyakarta pada tanggal 22 Desember 1928 silam.

Yohanna berharap melalui Peringatan Hari Ibu para pemangku kepentingan dapat memberikan perhatian lebih terhadap perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Dia berharap dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan sebagai motor penggerak perubahan (Agent Of Change).

Selain dihadiri oleh para peserta upacara yang keseluruhan adalah kaum perempuan yang tergabung dalam organisasi-organisasi wanita, dalam upacara tersebut juga dihadiri oleh pejabat Forkopimda, para Camat dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Di akhir sambutannya, Bupati mengapresiasi peran serta perempuan dalam keberhasilan pembangunan di Kabupaten Gresik.

Dia berharap antara hak dan kewajiban perempuan dan laki-laki dapat berjalan beriringan. “Dirgahayu Hari Ibu ke- 88 tahun 2016, semoga semakin jaya,” pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO