Disperindag Jatim Matangkan Gerakan ACI

Disperindag Jatim Matangkan Gerakan ACI Suasana rapat Gerakan ACI.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Nilai kepahlawanan saat ini dapat dicerminkan dengan membeli produk-produk Indonesia khususnya Jawa Timur. Kalimat semacam ini muncul saat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur menggelar rapat Gerakan Konsumen Cerdas Berbasis ACI (Aku Cinta Produk Indonesia) ini, kemarin.

Rapat ini mengundang guru dari SMA 17 Agustus 1945, SMA dr. Soetomo, SMA Trimurti, Universitas Airlangga, Kementerian Pertahanan, Komunitas E-UKM, Forum IKM Jatim serta Gerbapi.

Adapun pendekatan yang sudah dan akan dilakukan Disperindag Jatim antara lain; pertama, Pendekatan Promosi, melalui pameran terpadu, pameran partisipasi, pameran Jatim Fair hingga pameran long term. Kedua, Pendekatan IT, melalui sistem perdagangan antar pulau (SIPAP), Siskaperbapo, JSN, E-Dagang, Voice of Trade, dan Smart TV di pasar. Ketiga, Pendekatan Pengawasan melalui pengawasan langsung terhadap barang-barang yang beredar di pasar. Keempat, Pendekatan Pasar, melalui pasar murah, pasar lelang, misi dagang, percepatan resi gudang serta penilaian kinerja pasar (infrastruktur). Kelima, Pendekatan Pembiayaan, melalui dukungan kredit bagi UMKM melalui Bank Jatim dan Bank UMKM.

Dua komponen penting yang dimiliki Disperindag Provinsi Jatim dalam mensosialisasikan programnya adalah koncer dan ACI. Koncer (konsumen cerdas) adalah bagaimana konsumen secara cerdas memilih produknya sedangkan ACI (Aku Cinta Produk Indonesia) merupakan moral force yang fokusnya lebih ke semangat untuk cinta dan bangga terhadap produk lokal.

Dengan dukungan dan kerjasama yang sinergi oleh para stakeholder mulai dari Gubernur, Investor, akademisi, komunitas-komunitas UKM dan IKM, karyawan serta mitra kerja pendukung maka gerakan ACI bukan mustahil untuk terwujud melalui Jawa Timur. (sby1/ros) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO