Lomba Tari Saman dalam Rangka Hari Jadi ke-1256 Kabupaten Malang Resmi Dibuka

Lomba Tari Saman dalam Rangka Hari Jadi ke-1256 Kabupaten Malang Resmi Dibuka

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna secara resmi membuka acara Lomba Tari Saman dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1256 Kabupaten Malang di Pendopo Kabupaten Malang, di Kepanjen, Senin (24/10). Lomba Tari Saman ini berlangsung selama enam hari dari tanggal 24-29 Oktober 2016 dan diikuti oleh 76 grup perwakilan peserta dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) dan Kecamatan se-Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa tari dan lagu merupakan bagian dari sebuah kesenian, “Seperti halnya tari Saman, kita bisa melihat dari gerakan tarinya, syair lagunya merupakan bentuk kesenian dalam rangka mendekatkan diri dengan sang pencipta,” ungkapnya.

Menurut Bupati kesenian tari saman ini harus terus di lestarikan. “Di Kabupaten Malang, Tari Saman tumbuh dan berkembang di Desa Sumberkerto Kecamatan Pagak Kabupaten Malang sejak zaman dulu. Memang kesenian tari saman ini di masing-masing daerah ada, bahkan di negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim pasti ada kesenian tari Saman. Maka dari itu kita wajib melestarikan warisan ini,” terangnya.

Bupati berharap upaya keras sebagaimana telah dilakukan selama proses persiapan lomba ini tidak hanya berhenti pada pelaksanaan lomba kali ini saja. “Saya berharap kesenian ini bisa ditularkan pengetahuannya kepada masyarakat, sehingga ke depan akan lebih mudah bagi kita semua untuk menyosialisasikan kembali kesenian ini kepada masyarakat. Juga kepada para generasi muda dengan mengikuti kesenian Saman mereka tidak akan lari ke kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat. Tapi jutru masuk ke dalam kegiatan yang ada manfaatnya baik itu dari segi keagamaan dari sisi nilai persatuan maupu hal yang lain,” harapnya.

“Kepada para peserta silakan berkreasi dengan penampilan yang terbaik. Selamat berlomba, tunjukkan kemampuan terbaik saudara-saudara sekalian dalam menampilkan kreasi Tari Saman,” kata Bupati menutup sambutanya.

Lomba Tari Saman dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1256 Kabupaten ini dibuka oleh penampilan tari saman dari Desa Sumberkerto Kecamatan Pagak yang merupakan cikal bakal diadakannya lomba ini. Hadir juga dalam acara pembukaan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Seluruh Kepala SKPD, Camat, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO